MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda Beat Baru Atau Vario 150 Bekas?

MAR 02, 2020@16:00 WIB | 1,023 Views

Honda Beat teranyar memang menarik. Konsumsi bahan bakar makin efisien, fitur bertambah, serta memiliki wajah segar. Namun, unit bekas Vario 150 juga tak kalah memikat. Tenaganya lebih besar, bekalan fitur melimpah, serta bentuk atraktif. Aspek konsumsi bahan bakar pun Vario masih terbilang irit – meski di bawah Beat. Apalagi sekarang harganya sepantar. Bahkan beberapa unit yang kami temukan dijual lebih murah dari skutik entry level Honda itu.

Di berbagai portal jual beli online, kami mengkurasi Vario 150 bekas, hanya tahun 2019. Alias tak sama sekali berbeda dengan yang dijual PT Astra Honda Motor hari ini. Mereka melego mulai dari angka Rp 15 jutaan sampai Rp 18 jutaan. Rentang itu didapat dari penjual yang berada di wilayah DKI Jakarta.

Cukup mengejutkan, mengingat nilai jual All New Honda Beat mencapai Rp 16 - 17 jutaan. Beririsan. Dan jika mau membeli unit baru, Vario 150 sudah mencapai Rp 23,8 juta OTR. jauh bukan?

Memang, menghadapkan langsung dengan Beat tidak apple to apple. Ruang bakarnya jauh lebih efisien dalam menyedot bensin. Bahkan klaim pabrikan mencatat angka 60,6 kpl. Berkat sistem injeksi dan pembuangan baru.

Tapi, Vario sebetulnya juga sudah tergolong hemat. Honda mengklaim ia bisa melaju 46,9 km untuk tiap liter bensin. Tetap impresif. Apalagi tenaga yang bisa disalurkan jauh lebih baik. Racikan 150 cc melontar daya 12,9 Hp/8.500 rpm dan torsi 13,4 Nm/5.000 rpm. Jauh lebih agresif. Ya, namun kembali lagi pada persepsi masing-masing. Kalau aspek yang dikejar hanya soal efisiensi, lupakan unit Vario 150 bekas.

Selain itu, ada beberapa keunggulan lain. Pencahayaan misalnya, sudah menggunakan LED menyeluruh. Otomatis kualitas penerangan lebih baik dan hemat daya. Varian ini juga sudah memakai smart key system. Jadi tak perlu lagi memasukkan anak kunci. Dan lengkap, dengan answer back system serta alarm.

Berikutnya soal akomodasi. Vario 150 bisa memberi kepraktisan ekstra, karena bagasi bervolume 18 liter. Artinya cukup untuk menelan helm half face dan beberapa barang kecil. Hal yang tak dipunya Beat 2020. Ruang duduk pengendara dan penumpang juga lebih besar, sekaligus nyaman.

Lantas soal fitur di dashboard, display digital Vario lebih menarik dan modern. Berikut soal informasi yang disajikan tak “seirit” Beat. Tertera speedometer, fuel meter, trip meter, waktu, indikator baterai, hingga informasi konsumsi bahan bakar. Lengkap. Dan tentunya sudah dilengkapi Idling Start Stop.[Mqd/Hsn/timBX]

Tags :

#
honda,
#
motor matic,
#
honda vario,
#
honda beat