MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda Bakal Membuat Hypercar Terinspirasi Mobil Balap F1

JUN 04, 2024@11:00 WIB | 247 Views

Dalam beberapa tahun terakhir, Honda menjadi penguasa ajang balap F1 bersama dengan Red Bull. Karena hal tersebut membuat pabrikan asal Jepang ini ingin mencoba membuat sebuah Hypercar yang terinspirasi langsung dari mobil balap F1.

Melansir CarBuzz, Senin (3/6/2024), disebutkan bahwa mobil Hypercar terbaru Honda ini bakal mengusung konfigurasi dua seater. Bahkan disebut-sebut, Hypercar dari Honda ini bakal menjadi penantang serius Hypercar RB-17 yang dibuat Red Bull berbasis mobil balap F1 mereka.

Dalam wawancara dengan The Drive saat gelaran Indy 500, Presiden Honda Racing Corporation (HRC), Koji Watanabe menyebut Hypercar tersebut punya komponen Halo. Buat yang belum tahu, Halo merupakan komponen pelindung kokpit yang sudah menjadi standar safety terbaru di ajang balap F1 masa kini.

Meski begitu, Watanabe menyebut belum ada rencana konkrit mengenai kemunculan Hypercar pertama dari Honda tersebut. “Kami memang masih menyusun rencana yang tepat dalam pembuatan Hypercar ini. Andai terealisasi, kami ingin mengambil beberapa teknologi F1 yang bisa terpasang pada mobil tersebut”, ungkap Watanabe.

Banyak yang menyebut bahwa Hypercar terbaru dari Honda ini bakal membawa embel-embel nama NSX. Namun Wakil Presiden Acura, Jon Ikeda menyebut penerus Ikeda akan punya bentuk yang berbeda dan bukan mengusung Hypercar berbasis mobil F1 tersebut.

Bahkan Ikeda menyebut bahwa NSX versi terbaru bakal mengusung teknologi listrik. “Menurut saya, Hypercar berteknologi listrik kurang relevan dengan ajang balapan F1. Sehingga NSX versi terbaru nanti bakal punya filosofi yang berbeda satu-sama lain”, ungkap Ikeda.

Kembali ke Hypercar Honda ini, kabarnya bakal bekerja sama dengan Aston Martin. Terlebih di tahun 2026, Honda bakal memasok mesin bagi tim Aston Martin di ajang balap F1. Sehingga ada kemungkinan ke arah sana mengenai kerjasama dua brand ini dalam membuat Hypercar terinspirasi mobil F1 tersebut. [edo/timBX]

Tags :

#
honda,
#
hypercar,
#
performa tinggi,
#
f1,
#
mobil balap,
#
hrc

X