MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda ADV 150 Tetap Asyik Dikendarai Jarak Jauh

OCT 25, 2019@08:00 WIB | 1,710 Views

Kehadiran skutik premium Honda ADV 150 membuka pasar baru di segmen/genre skutik petualang kelas 150 cc. Guna mempertegas kesan adventure, Honda ADV 150 ini hadir dengan bentuk bodi yang bongsor, layaknya PCX 150 namun memiliki guratan bodi yang lebih tajam dan berotot. Sehingga, tak heran jika kesan manly pun tampak begitu kentara dari setiap sisi bodi pada skutik premium ini. Lantas, bagaimana dengan keunggulan lain dari Honda ADV 150 ini?

Nah, untuk mendapatkan jawabannya main dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) berikan kesempatan kepada Blackxperience serta rekan jurnalis, blogger dan vlogger lainnya rasakan berkendara jauh dengan skutik premium Honda ADV. Tidak tanggung – tanggung, kali ini mereka ditantang untuk melahap rute sejauh 550 km dari Jakarta hingga Dieng, Jawa Tengah.

Kegiatan bertema “ ADV150 Journalist, Blogger and Vlogger Fun Rally Touring and Wahana Bussines Knowledge” ini dapatkan dukungan penuh dari salah satu perushaan yang tergabung dalam Wahana Artha Group yang bergerak dibidang bisnis ritel sepeda motor Honda, PT. Wahana Artha Ritelindo (WARI). Pasalnya, demi dukung kegiatan menarik ini, perusahaan yang berkantor pusat di Wahana Jatake ini memberikan 21 unit Honda ADV (all type) untuk digunakan.

Sebagai skutik adventure kelas premium, tentu saja Honda ADV 150 ini hadir dengan berbagai kelebihan yang memang ditujukan bagi pengendara berkarakter aktif. Dimana, kesan tersebut tampak jelas dari garis bodinya yang begitu tajam dan berotot.

Tak hanya itu saja, bahkan untuk memberikan performa yang responsif dan gahar, motor adventure Honda ADV 150 ini pun juga akan dibenamkan mesin 150 cc eSP sehingga konstan di kecepatan 100 km/jam saat melintas di Pantura pun tak menemui kendala berarti. Cocok untuk para pengendara yang gemar bepetualang menempuh jarak jauh.

Honda ADV150 didukung mesin 150 cc, berpendingin cairan, eSP dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang mampu menempuh jarak 373 km dengan sekali isi penuh bahan bakar yang dihitung menggunakan ECE R40 EURO 3 atau 46,6 km/liter.

Honda ADV150 dibekali fitur-fitur penunjang untuk pengguna, seperti Two Step Adjustable Windscreen yang disematkan pertama kalinya di  skutik kelas 150 cc. Fitur yang biasa digunakan pada motor besar ini dapat disesuaikan dua tingkat ketinggian dengan pengoperasian yang mudah.

Di sisi lain, pada bagian bodi sampingnya pun juga tampak sangat menarik. Bukan tanpa alasan mengingat sktuik ini memiliki bentuk desain yang sangat sporty mengingat menampilkan lekukan bodi yang begitu tajam, tegas, dan jauh dari kesan bodi membulat.

Bahkan, kesan sporty pada skutik ini juga tambah kuat dengan jok atau tempat duduknya yang dibuat berlekuk untuk memberikan posisi duduk yang lebih human-friendly. Apalagi, pijakan kakinya pun juga dibuat lebih fleksibel dan ramah sehingga bisa membuat saya merasa nyaman ketika mengemudikan skutik ini.

Mengusung tampilan futuristik dan manly dengan jarak terendah dengan tanah setinggi 165mm membuat skutik ini semakin gagah dan mudah melibas berbagai kondisi jalan. Suspensi depan teleskopik serta sub tank spring di bagian belakang menambah kestabilan dalam bermanuver sehingga menyenangkan untuk dikendarai baik untuk harian maupun berkendara di waktu luang mengeksplorasi lokasi - lokasi baru.

Kesan ‘manly’ makin kentara dengan penyematan ban semi dual purpose ukuran besar yang otomatis menambah kesan gagah dan tampil beda. Apalagi kesan futuristik terlihat jelas pada bagian tata cahaya full LED yang juga lengkap dengan sistem Daytime Running Light (DRL) modern.

Sebagaimana umumnya kendaraan, tentu saja keberadaan speedometer sangat penting mengingat menjadi fitur yang menampilkan informasi soal kondisi kendaraan. Nah, berkenaan dengan itu, kali ini Honda ADV 150 akan menyajikan panel indikator full digital yang sangat modern dan futuristik.

Di sektor panel sistem full digital dengan layar besar dan berkesan tangguh dapat menampilkan berbagai informasi seperti indikator aki, indikator suhu luar (yang pertama di kelasnya), konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, indikator penggantian oli mesin, jam, tanggal, Trip A & Trip B.

Semua informasi tersebut tersaji via layar digital dengan background biru yang begitu modern. Sehingga, mudah dipahami oleh si pengemudi. Jadi, tak heran jika sektor panel indikator pada spesifikasi Honda ADV 150 tersebut bakal semakin memperkuat kecanggihan yang dibawanya.

Model ini juga  memiliki ruang penyimpanan sebesar 28 liter yang dapat menunjang kebutuhan rider dalam menyimpan barang. Pada sisi keamanan, skutik ini ditunjang Honda Smart Key dan alarm system. Untuk kepraktisan, telah dilengkapi dengan power charger pada console box depan yang akan menunjang masa pakai baterai gadget kesayangan.

Meski ada model yang dibekali pilihan fitur Anti-lock Braking System (ABS), model yang saya kendarai adalah model Honda ADV150 yang menggunakan Combi Brake System (CBS) dengan 3 kaliper. Dengan CBS ini, ketika rem belakang ditekan, maka secara otomatis, rem depan juga ikut bekerja mengurangi kecepatan. Sistem CBS pada ADV 150 ini lebih maju dari Vario 150 karena sudah menggunakan CBS hidrolik.

Hidrolik yang terpasang di antara roda depan dan belakang ini memiliki modulator yang mengatur berapa kekuatan rem depan dan belakang. Pada prinsipnya, hidrolik ini memiliki delay valve untuk membagi daya rem untuk rem roda depan dan rem roda belakang.

Tiga port kaliper pun terpasang di roda depan. Dua port untuk pengereman standar, dan satu port lagi untuk kerja CBS. Ke semua sistem pengereman ini diperintah berdasarkan sensor yang menakar seberapa cepat motor digunakan pada saat pengereman.

Selanjutnya, daya pengereman akan diteruskan ke carkram 240mm di roda depan dan 220mm di bagian belakang dengan ketebalan 4 mm yang berbentuk bergelombang wavy disc supaya pendinginannya bisa lebih cepat dan menangkal agar pengereman tidak licin.

Honda ADV150 dipasarkan Wahana Honda dengan dua tipe, ABS - ISS dan CBS-ISS dengan total 6 varian warna yang futuristik dan manly . Pertama, yaitu harga Honda ADV 150 tipe ABS ISS yang dibanderol Rp 36.5 juta. Sedangkan tipe ke dua yakni CBS ISS yang memiliki banderol lebih murah di kisaran Rp 33.5 juta. Tentu saja, dengan kisaran harga Honda ADV 150 yang tak sampai angka 40 juta tersebut, sangat mungkin bakal mampu memikat hati para calon konsumen penggemar petualangan. [bil/timBX]

Tags :

#
honda,
#
honda adv 150,
#
skutik premium,
#
wahana makmur sejati,
#
wahana honda,
#
fun rally touring,
#
turing,
#
skuter matic,
#
motor matic,
#
150 cc,
#
esp,
#
pgm-fi,
#
astra honda motor,
#
auto news