MENU
icon label
image label
blacklogo

Harley-Davidson Sportster Jadi Ramping di Tangan Builder Dubai

DEC 04, 2020@16:00 WIB | 314 Views

Bukan rahasia lagi bahwa jalanan Dubai dipenuhi dengan supercar dan sedan mewah  yang memenuhi jalan raya. Namun jangan salah, Dubai juga punya tempat khusus untuk Anda para penunggang roda dua. Mereka bahkan punya acara tahunan yang disebut Art of Motorcycles.

Salah satu pemain kunci adalah builder lokal, Moto Rauch & Staub, yang dipunggawai oleh Marco Moller asal Jerman. Adapun fotografer asal Afrika Selatan, Antonio Robertson, turut membantu pembuatan kustom.

Keduanya memiliki garapan menarik yang ramping dan seksi, menggunakan basis Harley-Davidson Sportster XL 1200 1999 bergaya bobber. Sportster 1999 ini adalah shop bike, dengan karburator unik yang dapat digunakan untuk menjalankan serangkaian tugas.

“Kami ingin menghilangkan semua lemak Harley yang terkenal, yang menjadi ciri motor ini. Karena biasanya hal pertama yang terjadi adalah pemilik baru meningkatkan motor dengan penutup krom dan indikator murah,”kata Marco.

XL1200 dipreteli hingga ke bagian penting, dan ide-ide pun mengalir bebas. Terlebih karena pembatasan sosial juga berlaku di Dubai, maka kedua builder memiliki banyak waktu untuk bereksperimen. Ini direncanakan bukan untuk anggaran yang besar, sehingga diperlukan sedikit daya cipta.

Marco dan Robertson pun memutuskan untuk melakukan fabrikasi sebanyak mungkin, daripada memesan suku cadang aftermarket yang bisa memakan waktu berminggu-minggu untuk tiba. Motor lalu dipasangi satu set garpu Sportster Forty-Eight, yang kemudian memunculkan masalah baru.

“Bagian yang paling sulit adalah memasang roda cakram aluminium 16 inci, yang populer dengan model Sporster lama, ke dalam garpu,” kata Robertson. Tapi bagaimanapun, roda itu harus cocok dengan kembarannya di belakang.

Jadi hub dikerjakan turun dan diatur sedemikian rupa sehingga rotor rem cocok dengan kaliper. “Saat itu semua sudah berbaris, saya harus mendesain axle dan spacer bush baru untuk menempatkan wheel square di tengah garpu baru,” ucap Robertson.

Pekerjaan fabrikasi besar lainnya adalah lampu depan baru, yang merupakan lampu sorot lama yang digunakan kembali dari Jeep. “Ini adalah tugas utama dengan semua aspek yang harus kami pertimbangkan, dan sejauh ini, itu adalah bagian favorit saya dari pembuatan,” terang Marco.

Anda juga akan menemukan batang berlapis bubuk satin hitam, yang merupakan tikungan Bootlegger dari TC Bros. Ini dilengkapi grip Lowbrow, switchgear Japanese Posh, serta master silinder dan kontrol kopling.

Throttle digunakan dari sepeda tua Jepang dan tidak ada penghitung kecepatan di palang. Perlu diketahui, tangki sebenarnya adalah ember karat yang ditemukan di rak di bengkel. Mereka berhasil membuatnya menyatu dengan motor kustom menarik ini.

Lampu belakang dilengkapi dengan LED yang dibuat dari knalpot bekas. Tampilannya cukup agresif, tetapi mengikuti garis spatbor. Untuk guncangannya dihasilkan oleh Progressive Suspension dengan sistem pengapian dan karburator geser Sreamin Eagle.

“Kami tidak memiliki anggaran yang besar untuk barang mahal, dari rak. Kami ingin membuat semuanya sendiri, atau menggunakan apa yang benar-benar kami miliki,” jelas Robertson. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
harley-davidson sportster,
#
supercar,
#
sedan mewah,
#
builder dubai,
#
sportster 1999,
#
harley-davidson sportster xl 1200 1999