MENU
icon label
image label
blacklogo

Harley-Davidson Patenkan Desain Motor Cafe Racer, Produksi Tahun Depan?

APR 14, 2020@18:05 WIB | 241 Views

Dianggap kurang cocok bergaya cafe racer tampaknya tidak menyurutkan niat Harley-Davidson untuk mencoba desain motor unik khas Inggris ini. Benar saja, brand motor gede asal Amerika ini baru saja mengajukan paten di Kantor Paten dan Kekayaan Intelektual Uni Eropa untuk dua desain motor baru, salah satunya bergaya cafe racer.

Keduanya sama-sama menggunakan mesin Revolution Max liquid-cooled yang akan terpasang pada Harley-Davidson Pan America dan Harley-Davidson Bronx. Nah, jika desain pertama menganut gaya cafe racer, desain kedua terinspirasi dari desain motor flat track yang khas aura custom.

Namun, walau sama-sama menggunakan mesin Revolustion Max v-twin, hingga kini belum ada informasi mengenai engine displacement alias kapasitas mesin yang akan digunakan keduanya. Sebagai perbandingan, seri Pan America menggunakan mesin Revolution Max 1250 cc, sedangkan Bronx sedikit lebih kecil di 975 cc.

Nah, mesin Revolution Max sendiri diharapkan memiliki 4 empat varian kapasitas mesin, mulai dari 500 cc hingga 1250 cc. Menarik bukan? Sekarang Blackpals bisa melihat dua desain terbaru yang bocor bersumber dari konferensi dealer Harley-Davidson tahun lalu.

Gambar motor purwarupa ini terlihat mirip dengan desain yang selama ini beredar, namun tentu ini belumlah final, di mana hasil jadinya nanti mungkin sedikit berbeda. Tapi jangan khawatir, melihat Pan America dan streetfighter Bronx yang akan segera terwujud walau bermula dari sebuah gambar desain, tak heran dua desain ini nantinya juga akan diproduksi.

Menggeser image Harley yang kental dengan kesan penjelajah kelas berat, ada baiknya memang pabrikan asal Amerika ini mencoba desain baru dan tentu saja segmen motor baru. Desain dari flat track menunjukkan kemiripan dengan Harley seri Indian FTR 1200 dengan swingarm tubular dan juga exhaust ganda yang terpasang tinggi di sisi jok.

Untuk lampu utama, desainnya mirip dengan Harley Fat Bob, sedangkan desain dudukan plat nomor belakang yang menempel pada swingarm mirip FTR 1200. Terakhir, dari desain terlihat jika motor ini memiliki jok tunggal tanpa pembonceng, namun tidak menutup kemungkinan jika nantinya ada spare part aftermarket untuk dudukan dua orang.

Nah, desain kedua ini bergaya café racer, dengan windscreen yang rendah serta headlight membulat yang menjadi ciri khas. Untuk exhaust, ia menerapkan desain two in one dengan ujung kenalpot menjulur ke luar dari sebelah kanan. Desain yang sama dengan seri flat track di atas mencakup penggunaan disc brake ganda serta suspensi up-side down.

Lalu kapan motor-motor ini akan terwujud? Harley Pan America dan Bronx sudah akan masuk ruang produksi tahun ini, jadi kemungkinan sekitar tahun 2021 mendatang dua motor stylish ini akan digarap, mari kita tunggu saja kabarnya, tetap di BlackXperience. [Leo/Asl/timBX]

Tags :

#
harley-davidson,
#
revolution max liquid-cooled,
#
harley-davidson pan america,
#
harley-davidson bronx