MENU
icon label
image label
blacklogo

Harley-Davidson Pasang Berbagai Fitur Menarik pada LiveWire

NOV 08, 2018@20:00 WIB | 2,623 Views

Akhirnya setelah sekian lama, Harley-Davidson membocorkan beberapa spesifikasi tentang motor listrik terbarunya, Livewire. Sebelumnya, perusahaan sepeda motor Amerika Serikat tersebut memang memilih bungkam agar publik akan terkejut ketika kedatangannya muncul.

Harley-Davidson LiveWire merupakan prototipe motor listrik pertama milik Harley Davidson. Pada bulan Juni 2014, kendaraan tersebut pernah ditampilkan kepada media. Kemudian pada tahun 2014 hingga 2015, uji coba publik diadakan di dealer Amerika Serikat, beberapa negara di Eropa, dan Kadana.

Kini, dikabarkan Harley-Davidson akan memasukkan powertrain listrik ke motor tersebut. Hal tersebut bertujuan karena Harley-Davidson ingin membuat LiveWire menjadi yang terdepan dalam dunia motor elektrik dunia. Selain itu, Harley-Davidson juga dikabarkan akan menawarkan beberapa model motor listrik lagi pada 2022 mendatang.

Selain powertrain, LiveWire juga akan dipasangkan roda 17 inci dengan ban sport Michelin. Roda depan didukung oleh sistem pengereman Brembo dengan fitur cakram ganda 11,8 inci yang menjanjikan daya henti yang sangat pakem. Selain itu, motor ini juga memiliki rem anti-lock dan sistem kontrol traksi.

Rencananya, moge ini dirancang untuk pengendara di kota-kota besar dengan beberapa desain fiturnya yang bergaya klasik namun sedikit sentuhan modern. Untuk mesinnya, LiveWire kabarnya memiliki baterai lithium-ion yang sudah diperbarui sehingga tidak mudah cepat panas. Selain baterai utama, LiveWire akan memiliki baterai lithium-ion 12 volt yang terpisah. Baterai ini akan bekerja untuk menggerakkan klaster lampu, klakson, dan instrumen.

Sayangnya, pihak Harley-Davidson tidak terlalu membeberkan spesifikasi teknisnya secara rinci, namun diperkirakan motor tersebut akan memiliki charger on-board level 1 dan kabel listrik yang diletakkan di bawah jok. Nanti ketika sedang dalam waktu pengisian ulang, LiveWire juga dapat digunakan dengan pengisi daya Level 2 atau Level 3 yang menampilkan konektor SAE J1772 khusus untuk wilayah Amerika Serikat atau konektor IEC tipe 2 untuk wilayah global.

Terakhir, ada wacana bahwa sepeda motor ini akan memiliki layar touchscreen berwarna yang dapat disesuaikan dan menyediakan akses ke berbagai informasi. Walaupun Harley-Davidson tidak menyebutkan berapa ukuran layarnya, tetapi namun ada informasi yang mengatakan bahwa layar tersebut akan memiliki konektivitas Bluetooth dan navigasi GPS.

Untuk masalah harganya, Harley-Davidson kabarnya baru akan mengumumkannya pada awal tahun depan. So Black Pals, jangan sampai terlewat kabar ya! [rmz/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
harley-davidson,
#
livewire