MENU
icon label
image label
blacklogo

Harga Tak Jauh Beda, Begini Komparasi Performa Hyundai Stargazer VS Mitsubishi Xpander

AUG 06, 2022@09:00 WIB | 227 Views

Hyundai Stargazer jadi pemain baru di segmen MPV yang cukup ketat di Indonesia. MPV tujuh kursi buatan pabrikan asal Korea Selatan ini hadir dengan berbagai fitur unggulan. Salah satu fitur yang paling disorot adalah Hyundai SmartSense.

Stargazer sendiri bersaing secara ketat dengan MPV keluaran pabrikan berlambang tiga berlian, Mitsubishi Xpander. Kedua MPV 7 kursi ini punya desain eksterior dan interior yang hampir identik dengan satu sama lain. Varian tertinggi dari kedua MPV ini, Stargazer Prime IVT dan Xpander Ultimate CVT sama-sama dibanderol di kisaran harga Rp300 juta.

Pertarungan antara kedua MPV ini tidak hanya terjadi di sisi tampilan serta fitur saja. Sektor jantung mekanis juga menjadi medan perang bagi kedua MPV ini.

Dari sisi Korea Selatan, Hyundai Stargazer mengusung mesin 1.497 cc MPI 16-Valve 4 silinder lungsuran dari Hyundai Creta yang punya tenaga puncak 115 PS pada putaran mesin 6.300 rpm serta torsi maksimum 144 Nm di 4.500 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi IVT.

Sementara itu, di sisi Jepang, Mitsubishi Xpander menggendong mesin MIVEC 1,5 liter empat silinder DOHC yang sanggup memuntahkan tenaga hingga 105 PS di 6.000 rpm dan momen puntir 104 Nm di 4.000 rpm. Mesin MIVEC ini dikawinkan dengan transmisi CVT.

Meskipun di atas kertas Stargazer punya tenaga yang lebih besar dari pada Xpander, MPV andalan Mitsubishi punya kapasitas tangki yang mencapai yang lebih besar, yaitu 45 liter, dibandingkan dengan Stargazer yang hanya punya kapasitas tangki sebesar 40 liter. Dengan kapasitas tangki yang lebih banyak daripada Stargazer, Xpander tentu saja punya jarak tempuh yang lebih jauh daripada Stargazer. [fdlh/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
komparasi,
#
hyundai stargazer,
#
mitsubishi xpander,
#
hyundai,
#
mitsubishi