MENU
icon label
image label
blacklogo

Harga Tak Jauh Beda, Begini Komparasi Honda HR-V vs Mazda CX-3

JAN 26, 2022@16:00 WIB | 318 Views

Pertarungan di segmen Compact SUV semakin sengit dengan kehadiran Mazda CX-3 yang dirilis tahun lalu di tanggal 29 Maret. Dengan opsi mesin yang lebih kecil, pendatang baru buatan Mazda ini akan bersaing ketat dengan pemain lama buatan pabrikan Jepang lainnya, Honda HR-V. Mesin yang lebih kecil ini membuat harga CX-3 menjadi lebih murah dibandingkan saudaranya yang dibekali mesin 2.0 liter.

Dengan harga dan fitur-fitur yang tak jauh berbeda, yang manakah yang paling layak untuk dimiliki? Berikut ini komparasi Honda HR-V dan Mazda CX-3 mulai dari mesin, fitur, desain dan dimensi, hingga harganya.

1. Fitur

Soal fitur, kedua mobil ini memiliki fitur andalannya masing-masing. CX-3 sendiri menawarkan fitur head up display dan serangkaian fitur penunjang keselamatan seperti 6 airbag, blind spot monitoring, rear cross traffic alert, i-Stop dan G-Vectoring control.

Sedangkan HR-V memanjakan penggunanya dengan fitur pengontrol AC model tombol, bukan putar seperti CX-3. Selain itu, kedua Compact SUV ini memiliki fitur-fitur yang bisa dikatakan sama, seperti electric parking brake dengan rem cakram di seluruh roda, VSC, HSA, cruise control, headlamp LED dan auto leveling. Walau demikian, di sektor interior, HR-V dibekali lapisan jok yang lebih elegan dengan tipe full kulit. Di sisi lain, CX-3 masih menggunakan kombinasi bahan kain dan kulit sintetik halus.

3. Mesin

Untuk urusan jeroan, masing-masing Compact SUV ini memiliki kapasitas mesin yang hampir serupa. CX-3 menggendong mesin 1.496 cc 4-silinder DOHC yang dapat menghasil output sebesar 111 PS dan torsi 144 Nm. CX-3 dibekali dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Dibandingkan CX-4, HR-V bisa dikatakan lebih bertenaga. Dibekali dengan mesin 1.497 cc 4-silinder SOHC yang layaknya saudaranya di segmen lain, Honda Jazz. Mesin ini mampu menghasilkan output sebesar 120 PS dengan torsi 145 Nm dan dibekali transmisi CVT.

3. Dimensi dan Desain

Dari segi desain, CX-3 mengusung pakem Kodo khas Mazda dengan grille depan berukuran besar dan headlamp bersudut tajam yang dibekali proyektor dan LED. Meski menggunakan mesin baru, secara desain sebenarnya tak jauh berbeda dibandingkan waktu pertama kali diperlihatkan pada event GIIAS 2016.

Honda HR-V sendiri hadir dengan tampilan yang lebih segar dengan desain grille dan bumper baru. Walau demikian, tampangnya tak terlalu jauh berbeda dibandingkan versi pertama yang hadir 2015 lalu.

Untuk dimensi, kedua mobil ini tak memiliki perbedaan yang signifikan walaupun HR-V memang berdimensi sedikit lebih besar yaitu memiliki panjang 4.294 mm dan wheelbase 2.610 mm. Lalu tinggi 1.580 mm dan lebarnya 1.772 mm. Di sisi lain, panjang total CX-3 mencapai 4.275 mm dan wheelbase 2.570 mm. Sedangkan tingginya 1.535 mm dan lebar 1.765 mm.

4. Harga

Dengan harga sementara yang lebih murah yaitu Rp378,9 juta (OTR Jakarta), Honda HR-V 1.5 SE mungkin bisa dilirik bagi yang ingin kemudahan aftersales dan service karena banyaknya jumlah jaringan bengkel resmi Honda.

Selain itu, dengan dimensi HR-V yang lebih besar, sedikit banyak berpengaruh pada kelegaan di ruang kabin. Jika harga Honda HR-V 1.5 varian SE masih tinggi, maka bisa lirik varian lain di bawahnya seperti 1.5 S manual seharga Rp 340,9 Juta (OTR Jakarta), atau 1.5 E CVT (OTR Jakarta) yang hanya Rp 352,9 Juta.

Sebaliknya, jika menginginkan tampilan mobil yang beda dan jarang dijumpai di jalanan, Mazda CX-3 pantas untuk dimiliki. Ditambah Compact SUV ini memiliki dimensi yang lebih kompak untuk kemudahan berkendara di jalanan perkotaan serta juga dibekali dengan fitur yang berlimpah. Harga yang ditawarkan pun tak jauh beda. Untuk varian 1.5L Sport dibanderol dengan harga Rp 355,5 Juta (OTR Jakarta). Sedangkan varian tertingginya, yaitu Pro, dijual dengan harga Rp433,3 Juta (OTR Jakarta) [fkg/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
honda hr-v,
#
mazda cx-3