MENU
icon label
image label
blacklogo

Hampir Setengah Juta Model Kia Ditarik Karena Cacat Airbag

FEB 07, 2022@19:00 WIB | 201 Views

KIA Carnaval adalah kendaraan keluarga yang luar biasa. Tidak hanya menawarkan performa yang layak berkat mesin V6-nya, tetapi juga menawarkan banyak ruang dan kenyamanan untuk keluarga besar dan barang-barang mereka. Meskipun demikian, 2.956 unit MPV ditarik kembali menyusul potensi malfungsi rakitan remote kontrol pintu geser sisi penumpang. Ini dapat mencegah pintu terkunci dengan aman; risiko besar saat berkendara dengan anak kecil.

Tapi sekarang pabrikan menghadapi situasi lain yang berpotensi mengancam jiwa. Beberapa model lama pabrikan asal Korea tersebut harus ditarik karena komponen papan sirkuit rusak yang dapat mencegah airbag mengembang jika terjadi tabrakan. Secara total, 410.610 kendaraan terpengaruh, tetapi Kia memperkirakan hanya 1% dari kendaraan yang mungkin mengalami cacat berbahaya tersebut.

Sebanyak 253.281 model Kia Souls tahun 2017-2019 terpengaruh, sementara hanya 953 model EV Soul tahun 2017-2019 yang mungkin mengalami masalah. Kia Forte keluaran 2017-2018 juga mengalami hal yang sama, dengan 108.693 model bagian dari penarikan. Terakhir, Kia Sedona generasi sebelumnya (2017-2019) terpengaruh, dengan 47.690 unit telah diidentifikasi. Menariknya, hanya dua Kia Forte Koup yang menjadi bagian dari penarikan tersebut.

Karena perbedaan dalam pembuatan Unit Kontrol Airbag (Airbag Control Unit /ACU), kontak antara penutup ACU dan chip Read Only Memory yang dapat dihapus secara elektrik (EEPROM) yang dapat dihapus pada Printed Circuit Board (PCB) ACU dapat terjadi dan menyebabkan kerusakan pada sambungan solder EEPROM menghasilkan sirkuit terbuka. "Jika kondisi ini terjadi, Airbag Warning Light akan menyala dengan kode masalah diagnostik B1620 dan airbag kendaraan tidak akan mengembang saat terjadi tabrakan, sehingga meningkatkan risiko cedera," tulis NHTSA. .

Pemilik model Kia yang terkena dampak akan dikirim info paling lambat 21 Maret 2022, dengan instruksi untuk membawa mobil mereka diperiksa. Dealer akan memeriksa part Unit Kontrol Airbag dan jika perlu, memperbarui perangkat lunak atau mengganti unit sepenuhnya. Ini tidak akan dikenakan biaya kepada pelanggan.

Model tahun yang disebutkan di atas adalah satu-satunya kendaraan yang terpengaruh. NHTSA melaporkan bahwa MPV Sedona 2019 dilengkapi dengan ACU yang telah diupgrade, sementara model Soul dan Forte menerima unit yang berbeda untuk model 2020 dan seterusnya.

Pada tahap ini, tidak ada kecelakaan yang dilaporkan melibatkan model yang terpengaruh, kata pembuat mobil dan NHTSA. Lebih dari 410.000 kendaraan cukup banyak, tetapi tidak separah skandal airbag Takata yang mematikan, yang mempengaruhi jutaan kendaraan dan merenggut nyawa banyak pengendara dan melukai lebih banyak lagi. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
kia,
#
airbag