MENU
icon label
image label
blacklogo

Haltech Kembangkan Setup Quad Turbocharger Buat Mesin LS V12, BlackPals Ikut Memesan?

APR 14, 2020@17:15 WIB | 239 Views

BlackPals mungkin masih ingin mesin V12 yang cukup liar dikembangkan dari  mesin LS V8 beberapa tahun lalu?  Jika ingat, kali ini Haltech sebagai pabrikan manajemen mesin di Lexington, Kentucky telah mengembangkan setup khusus quad turbocharger. Sementara mesin V12 berkubikasi 9.7 liter merupakan monster yang dibangun sebagai mesin V12 LS Australia. Secara basic mesin tersebut  dikembangkan dari sepasang mesin LS1 V8 garapan General Motors. Kedua mesin digabung menjadi satu, dengan block mesin yang dicor, dengan head mesin custom dan intake manifold, cam custom dan crankshaft. 

Haltech membangun mesin untuk didevelop lebih lanjut. Saat diujicoba pada mesin dyno menghasilkan 700hp, namun bila dikombinasikan dengan empat turbocharger, berapa tenaga yang dihasilkan? Haltech telah mengembangkan mesin dengan turbocharger,  namun belum diketahui berapa angka yang dihasilkan. Jika itu terjadi maka hasilnya sudah menjadi ranah hypercar BlackPals. 


Mesin V12 LS 9.7 liter didesain dengan menggunakan turbo GT3582R milik Garret.  Cukup kecil bila dibandingkan dengan ukuran mesin V12. Namun setiap satu unit Garret  menangani gas buang dari 3 silinder atau dua setengah liter dari total 9.7 liter LS V12. Saat pengujian Haltech memberikan boost 7 PSI dari turbo.  Jika ditambah 3 turbo GT3582R  untuk menangani 9 silinder lain, tentu lebih dahsyat. 

Guna mendinginkan mesin digunakan intercooler khusus. sepasang blow off valves Gen-V Race Port 50 mm dan empat wasgate Turbosmart Gen-V CompGate 40 mm.  Kami belum bisa membayangkan bagaimana suara yang dihasilkan.   

Mulai sekarang,  Haltech hanya menggunakan mesin untuk test, dan disitu Haltech kembangkan komponen baru.  Perusahaan  akan cukup senang bila seorang customer memesan mesin monster ini.  Dari situ akan terjadi kalkulasi berapa harga yang cocok untuk konsumen petrolheads. 

Pertanyaannya,  dimana kita bisa melihat mesin LS2 V12 tersebut bekerja.  Bila Blackpals  serius,  salah satu perusahaan Factory Five Racing sedang membangun sebuah Supercar baru yang mereka sebut sebagai F9R,  yang sedang dihomologasi agar sesuai. dengan mesin V12 LS. Kami berharap supercar itu berhasil dibangun dan sesuai dengan  versi turbocharger. [Ahs/timBX]

Tags :

#
mesin ls2v12,
#
haltech engine,
#
quad turbocharger

RELATED ARTICLE