MENU
icon label
image label
blacklogo

Good Ghost, Modifikasi BMW Unik Dari Kingston Custom

AUG 14, 2020@09:00 WIB | 574 Views

Dirk Oehlerking memiliki portofolio build yang sudah dikenal luas, tetapi ada dua alat berat yang menonjol. Mereka adalah White Phantom dan Black Phantom, yang merupakan dua BMW klasik, dengan bodywork handmade yang indah dan karakter art deco yang unik.

Dirk menyebut Phantom-nya sebagai ‘dua yang dimiliki bersama, seperti Yin dan Yang’. Tapi keduanya sekarang telah menjadi tiga, saat Phantom lain diluncurkan dari bengkel Kingston Custom di Gelsenkirchen. 'Good Ghost' adalah motor build luar biasa yang mengambil inspirasi dari dua motor sebelumnya, tetapi dengan inovasi berbeda.

Dirk tidak pernah benar-benar berencana untuk menciptakan Phantom ketiga. Dia awalnya bermaksud hanya membangun satu motor, tetapi permintaan datang dari sumber yang tidak mungkin diabaikan, Bobby Haas yang merupakan seorang patron dan kolektor terkenal.

“Pada 2019, Distinguished Gentleman’s Ride di Dallas berlangsung di Haas Moto Museum,” Dirk mengatakan. “White Phantom dan Black Phantom menjadi daya tarik utama di museum dalam acara tersebut. Hal itu sangat menyentuh saya.

“Bobby Haas dan direktur museum (Stacey Mayfield) bertanya kepada saya apakah mungkin untuk membangun Phantom ketiga, menjadi trilogi, menjadi sebuah keluarga dan mungkin akan dibuat.”

Penjelasan singkat dari museum adalah bahwa motor itu harus diberi nama 'Ghost', seharusnya berwarna abu-abu dan harus sesuai dengan gaya dua motor yang ada. Secara filosofis, motor baru itu akan bertindak sebagai pelindung dari dua motor lainnya, sehingga harus lebih mengesankan secara fisik dan tentunya lebih cepat.

Dirk menggunakan BMW R80 sebagai basis dua Phantom sebelumnya, tapi kali ini dia menggunakan BMW R100 RS tahun 1980. Dan seperti sebelumnya, dia berusaha untuk menyimpan sebagian besar sasis dengan satu pengecualian penting.

Di sini, dia mengganti shaft drive swing arm dengan unit single-shock 'Monolever' BMW, yang dilengkapi dengan shock YSS.

Bodywork Good Ghost adalah evolusi dari desain Phantom Kingston. Motor pertama, White Phantom, menampilkan bodywork yang membuat kedua roda terbuka, sedangkan Black Phantom menutupi bagian belakang, tetapi membiarkan sisi depan terbuka. Kali ini, Dirk membungkus R100 dengan fairing panjang yang elegan.

Dia mulai dengan merancang kerangka dengan kawat dan selotip, yang kemudian ditutup dengan karton dan pasta, untuk membuat maket desain akhir. Setelah selesai, Dirk membentuk seluruh struktur dari aluminium setebal 2 mm. Hebatnya, beratnya hanya 21 kg.

Desain Phantom sengaja menempatkan pengendara di atas sepeda motor, bukan 'di dalam'. Jadi Dirk membuat sel bahan bakar kecil untuk ditempatkan di belakang transmisi, dengan pompa bahan bakar eksternal untuk mengirimnya ke tempat yang dibutuhkan.

Mengemas ulang semuanya membutuhkan trik rekayasa. Dirk memindahkan karbohidrat ke dalam fairing, menambahkan filter K&N, dan membuat intake manifold khusus. Knalpotnya terbuat dari stainless steel, yang secara halus mengikuti bodywork hingga ke bagian ekor yang meruncing.

Bagian atas motornya adalah pelana kulit kustom, dengan pelapis memanjang hingga ke depan. Desainnya mencakup 'dasbor' khusus, dengan deretan alat pengukur bermerek Kingston dari MMB yang terintegrasi rapi dengan bahan kulit.

Seluruh struktur terbalik memperlihatkan lubang kubus berlapis kulit yang dirancang untuk menampung sebotol anggur dan gelas. Dan ada pembuka tutup botol, busi cadangan serta tutup busi terintegrasi ke dalam mekanisme pengangkatan.

Ini semua adalah bagian dari konsep Dirk untuk seri Phantom, yang mengatakan: “Pembalap pria seharusnya mewujudkan masa ketika desain, teknologi, dan kecepatan memainkan peran penting.”

Untuk tujuan ini, bagian belakang motor memiliki dua panel berengsel, diapit dengan jepitan kulit. Bagian kiri untuk menampilkan kit perkakas, sedangkan bagian kanan menyimpan pilihan peralatan makan perak.

Ada sentuhan klasik lainnya di bagian depan, dengan satu set kidney grills, yang terinspirasi oleh BMW 328 Roadster tahun 1936. Tepat di atas, lampu depan tersembunyi bersinar dari balik panel kaca bundar. Fehling clip-on dengan grip kulit dan tuas klasik memenuhi kokpit.

Dirk melakukannya dengan sangat baik untuk mengintegrasikan bagian-bagian penting BMW dengan bodywork. Kunci kontak sudah disematkan di kiri, dan choke terpasang rapi di sisi kanan. Di bagian bawah, Dirk mengadaptasi footboard dari BMW R12, dan membuat kontrol rem dan shift sendiri. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
good ghost,
#
modifikasi bmw,
#
motor kustom,
#
kingston custom,
#
dirk oehlerking