MENU
icon label
image label
blacklogo

Gokil! Van Listrik Ford Ini Punya Output Di Atas 1000 HP!

JUN 24, 2022@11:00 WIB | 97 Views

Ford UK terkenal dengan tradisinya mengubah van Transit menjadi Supervan performa tinggi. Dijuluki Ford Pro Electric Supervan, Supervan keempat ini akan debut di hadapan publik pada ajang Goodwood Festival of Speed ​​2022.

Electric Supervan ini berbasis dari Ford E-Transit Custom, van listrik untuk pasar Eropa yang sedikit lebih kecil dari E-Transit yang dijual di pasar Amerika Serikat. Ford Pro Electric Supervan dikembangkan oleh Ford Performance dan tim desain Ford Europe, dalam kemitraan dengan pabrikan mobil listrik Austria. STARD, yang juga merupakan spesialis reli.

Meskipun masih memiliki cukup ruang untuk kargo di belakang pengemudi, Supervan memiliki sedikit kesamaan dengan E-Transit Custom. Urusan eksterior, panel bodi Ford Pro Electric Supervan menggunakan bahan komposit, dan van ini dibekali dengan space frame yang dibuat khusus dengan subframe depan dan belakang untuk menampung suspensi double wishbone depan dan belakang yang tidak sama panjangnya. Ford juga memasang serangkaian onboard camera untuk merekam video kecepatan tinggi van.

Van ini didukung oleh empat motor listrik, dengan output gabungan sebesar 1.972 hp. Dengan output sebesar ini, Ford Pro Electric Supervan diklaim sanggup berakselerasi 0-62 mph di bawah 2,0 detik. Mesin ini mendapatkan sumber tenaga dari paket baterai berpendingin cairan 50-kwh, yang diklaim Ford dapat diisi ulang dalam 45 menit dengan DC fast-charging.

Pengisian daya dikontrol dari layar sentuh bawaan dalam kabin, yang juga memungkinkan pemilihan mode berkendara yang berbeda, yaitu Road, Track, Drag, Drift, dan Rally. Ford juga menyertakan pit-lane speed limiter, launch control, three-stage regenerative braking, dan fitur "tire cleaning mode" yang mengerem roda pada satu gardan sambil membiarkan yang lain berputar bebas untuk menghasilkan burnout yang spektakuler.

 

Supervan ini akan diuji di Goodwood Festival of Speed oleh pembalap Romain Dumas. Dumas sebelumnya mencatat rekor keseluruhan di entry Lord March dan Pikes Peak International Hill Climb, serta rekor EV lap Nürburgring, dengan mobil balap listrik Volkswagen ID.R.

Supervan pertama Ford pertama kalinya dirilis tahun 1971 dengan mesin V-8 mid-mount dari GT40 dan bodi Transit Mk. 1. Iterasi berikutnya, yang dibangun pada tahun 1984, memakai bodi fiberglass yang mereplikasi tampilan Transit Mk. 2 dan mengusung mesin Cosworth V-8 dengan output 582 hp dari mobil balap Ford C100. Pada tahun 1994, kendaraan itu dibangun kembali menjadi Supervan ketiga, dengan bodi Transit Mk. 3 dan mesin Cosworth HB Formula One V-8 yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 641 hp. [fdlh/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ford,
#
electric vehicle,
#
mobil listrik,
#
ford pro electric supervan,
#
goodwood festival of speed