MENU
icon label
image label
blacklogo

Gen-2 Subaru BRZ dan Toyota GT 86 Direncanakan Menggunakan Turbo

JAN 29, 2020@11:00 WIB | 182 Views

Masa depan Toyota dan Subaru dengan sedan sport terbilang rendah volume penjualannya. Saya atau Anda tidak sepenuhnya rela bila, varian GT86 dan BRZ mati suri tanpa pembaruan yang berarti. Seharusnya dua manufaktur Jepang tersadar, bahwa konsumen butuh mobil sports dengan tenaga lebih besar dari mesin boxer 2.000cc menghasil 200 hp. Hal itu terbilang cukup standar. Pasalnya modifikasi Subaru dan Toyota cukup gencar dikejar para petrolhead mewujudkan mobil sirkuit namun tetap legal street.

Berita terbaru yang dilansir dari laman Autocar, kerjasama antara Subaru dan Toyota berlanjut untuk menghadirkan sosok  twin sport coupe ini. Mereka mulai mendengar kebutuhan konsumen seperti apa, OEM mendengarkan kebutuhan mereka. Selain mesin yang terbilang lemot, kualitas material interior juga terbilang tidak bagus. Jepang pabrikan Jepang tersebut berhasil akhirnya sepakat menghasilkan generasi kedua Subaru BRZ dan Toyota 86 setelah 8 tahun mewarnai market global.

Jalan keluarnya Subaru yang dipercaya memproduksi mesin, bakal mendatangkan mesin berbasis forced induction. Dengan mesin berkapasitas 2,4 liter, turbocharger bakal dimodifikasi untuk menghasilkan tenaga lebih besar. Mesin tersebut sekarang sudah digunakan oleh Subaru Ascent, Outback dan Legacy.  

Subaru Ascent menghasilkan 260 hp, lebih signifikan dari mesin boxer naturally aspirated dari Toyota GT86 dan Subaru BRZ. Toyota dan Subaru mengilhami kebutuhan mesin para petrolhead. Tenaga yang lebih besar, meski tetap N/A. Keduanya akan saling melengkapi, Subaru bakal menyediakan mesin yang baru, sedangkan Toyota bakal mempersiapkan platform TNGA seperti yang digunakan pada Toyota Yaris. Sektor interior juga akan lebih diperhatikan kualitasnya.

Dengan spesifikasi yang berbeda dari generasi sebelumnya. Toyota bakal menggunakan nama baru GR86, menempatkan kelas dibawah GR Supra dan GR Yaris. Nama GR melekat pada tim balap Toyota, Gazoo Racing. Toyota cukup gemar membangun citra Toyota melalui mobil sport-nya.

Jika gen kedua sport coupe Subaru dan Toyota berhasil dirilis, maka jangan kaget bila harganya meningkat. Untuk GT86 dikisaran USD27 ribu. Sedangkan Supra GR nyaris diangka Rp2 miliar, atau USD51 ribu. So BlackPals, jangan terlalu bosan dengan mobil sports Anda, karena generasi kedua akan segera lahir. [Ahs/timBX]
 

Tags :

#
toyota,
#
subaru,
#
toyota gt 86,
#
subaru brz,
#
generasi ke-2,
#
sport coupe