MENU
icon label
image label
blacklogo

Gaya Kodo New Mazda CX-30 dan MX-30 Raih Penghargaan Red Dot Design

MAR 31, 2020@20:30 WIB | 123 Views

New Mazda CX-30 dan MX-30 diganjar penghargaan prestisius 'Red Dot: Product Design 2020'. SUV kompak CX-30 dan mobil all-electric pertama Mazda, MX-30, masuk ke dalam daftar pemenang penghargaan atas desain model Mazda yang menggunakan filosofi Kodo: Soul of Motion.

New Mazda CX-30 merupakan model produksi kedua yang dibuat dengan evolusi terbaru dari filosofi desain Kodo—sebuah desain indah yang berakar pada estetika tradisional Jepang. Tiap-tiap elemen diasah sejalan dengan prinsip 'less is more' sehingga nampak wujud bersih dan indah pada permukaan CX-30. Tampilannya total orisinal untuk segmen mobil compact SUV atau Crossover.

Jo Stenuit, Mazda's European Design Director mengatakan, "Para Ahli Pengrajin Jepang senantiasa menghargai kesederhanaan bentuk, karena itu keindahan murni."

"Ini mengilhami para desainer kami untuk memangkas kembali elemen-elemen dan menciptakan sesuatu yang dinamis namun elegan, tertahan namun vital. Inilah cara kami memandang estetika Jepang - kepekaan yang telah menciptakan mobil yang bergerak secara emosional," sambung Jo Stenuit dalam keterangan resmi berbaha Inggris.

Mazda CX-30 memiliki interior berkualitas tinggi dengan perpaduan keunggulan ergonomis dan teknologi tercanggih. Dijelaskan, dalam perkembangan terbaru untuk Skyactiv-Vehicle Architecture dari Mazda memanfaatkan kemampuan keseimbangan pengemudi dalam mengontrol kendaraan menjadi lebih alami dan intuitif.

Kendati bentuk-bentuk indah kerajinan tangan ala Kodo begitu melekat, namun gaya Mazda MX-30 tetap mewakili eksplorasi estetika yang lebih modern yang berfokus pada nilai-nilai futuristik serta gaya hidup yang kekinian.

Youichi Matsuda, Mazda MX-30 Chief Designer, menegaskan bahwa pendekatan baru tersebut telah menghasilkan desain asli yang mewujudkan perluasan rentang ekspresif Kodo.

"Eksteriornya tanpa kompromi sangat sederhana untuk menekankan keindahannya sebagai massa yang kokoh, dan desain kabin - dengan bagian atas yang dibingkai dan pintu gaya bebas - mewujudkan citra cahaya sambil secara proaktif menggabungkan kesinambungan sebagai elemen untuk bahan interior. Saat kita memulai era dari perubahan yang hebat, kami ingin Mazda MX-30 menunjukkan kepada orang-orang bahwa mobil kami masih dapat memberikan kesenangan berkendara yang murni," papar Youichi Matsuda.

Perihal pengharggan yang diterima merupakan penghargaan Red Dot kedelapan dan kesembilan yang dimenangkan oleh model Kodda Mazda hingga saat ini, mengikuti Mazda3 all-new pada tahun 2019, MX-5 RF pada 2017, soft top MX-5, CX-3 dan Mazda2 (semua 2015), Mazda3 generasi sebelumnya (2014) dan Mazda6 (2013).

"Para pemenang Red Dot Award telah membuktikan bahwa mereka telah menciptakan produk-produk hebat yang layak memenangkan penghargaan," kata professor Dr. Peter Zec, founder and CEO of Red Dot. "Produk memenangkan juri tidak hanya melalui estetika mereka, tetapi juga berkat fungsionalitasnya yang tak tertandingi. Dengan desain mereka, pemenang penghargaan menetapkan standar baru dalam industri mereka." [Asl/timBX]

Tags :

#
new mazda cx-30,
#
new mazda mx-30,
#
red dot design award,
#
gaya kodo

RELATED ARTICLE