MENU
icon label
image label
blacklogo

Furion Motorcycles Akan Kembalikan Kejayaan Mesin Rotary

MAY 04, 2017@12:00 WIB | 332 Views

Mesin wankel atau mesin rotary memiliki penggemarnya tersendiri. Mesin ini sangat identik dengan Mazda RX-7, dan beberapa pabrikan motor pernah menggunakannya seperti Suzuki RE5. Namun mesin ini memiliki kekurangan tersendiri, karena mesin tersebut tidak mampu mencapai efisiensi yang diinginkan.

Meskipun demikian, sebuah perusahaan otomotif asal Perancis, yaitu Furion Motorcycles akan mengembalikan kejayaan dari mesin rotary. Furion Motorcycles kali ini mengerjakan motor konsep M1 yang mengadopsi mesin rotary yang dipasangkan dengan motor elektrik.

Dual rotor unit berkapasitas 654 cc dapat menghasilkan tenaga hingga 125 hp, jika dikombinasikan dengan motor elektrik maka tenaga totalnya melonjak hingga 180 hp. Torsi dari mesin sebesar 105 Nm, dikombinasikan dengan elektrik menjadi 205 Nm.

Motor ini dilengkapi dua mode berkendara, yaitu Sport dan Long Range mode. Dengan menggunakan Long Range, meskipun kapasitas tangki hanya 16 liter, kombinasi mesin rotary dan elektrik sanggup menghasilkan jarak tempuh hingga 400 km.

Salah satu alasan menggunakan mesin rotary adalah ukurannya yang kompak namun menghasilkan tenaga melimpah. Dengan begitu, Furion Motorcycles dapat menyematkan baterai yang cukup mumpuni.[aag/timBX]

Tags :

#
mesin rotary,
#
furion motorcycles,
#
motor sport,
#
blackauto