MENU
icon label
image label
blacklogo

Formula E: Penuh Plot Twist, Rownland Menangi Race 1 Misano ePrix Setelah Da Costa Didiskualifikasi

APR 14, 2024@11:00 WIB | 177 Views

Race pertama Formula E Seri Misano ePrix ini seharusnya menjadi awal yang sempurna bagi Antonio Felix Da Costa. Pembalap tim Porsche ini sejatinya merupakan pemenang race pertama seri Misano ePrix ini yang berlangsung Sabtu (13/4/2024) di Misano World Circuit Marco Simoncelli di Italia tersebut.

Namun sayangnya, pembalap asal Swiss ini harus didiskualifikasi karena sistem pengaturan throttle pada mobil Porsche yang ia kendarai terdapat beberapa kesalahan pemasangan. Alhasil kemenangan yang sudah ia raih dengan cukup susah payah tersebut harus dicabut dari genggamannya.

Dan karena itulah, pembalap tim Nissan, Oliver Rownlad yang finis kedua pada race pertama Misano ePrix ini keluar sebagai pemenang. Jake Dennis (Andretti) yang meraih podium ketiga, naik ke posisi kedua. Sedangkan podium ketiga sendiri diraih pembalap tim Maserati, Maximillian Gunther.

Dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan FIA, disebutkan alasan Antonio Felix Da Costa didiskualifikasi karena pegas peredam gas yang terpasang mobil Da Costa tidak sesuai dengan salah satu dari tiga item optinional yang lega dipasangkan ke mobil.

Disebutkan, tim Porsche belum mengganti sistem Throttle Dumper System pada mobil Antonio Felix Da Costa sejak awal musim. Diketahui karena hal itulah membuat tim terpaksa tidak memasangkan item pegas peredam gas pada sistem throttle mobil pembalap asal Portugal tersebut.

Dengan diskualifikasinya Da Costa ini membuat dirinya masih berada di posisi 13 klasmen sementara setelah rentetan hasil buruk di beberapa balapan awal. Berkat kemenangan "Giveaway" tersebut membuat Oliver Rowland berada di puncak klasmen sementara dengan 80 poin. Ia unggul 9 poin atas Jack Dennis yang berada di posisi kedua klasmen.

Hari ini, race kedua Formula E seri Misano ePrix akan digelar. Nantinya di pagi hari akan dilakukan sesi kualifikasi yang akan menentukan posisi start balapan yang akan berlangsung di sore hari tersebut. [edo/timBX]

Tags :

#
formula e,
#
misano eprix,
#
misano world circuit marco simoncelli,
#
oliver rownland,
#
antonio felix da costa

X