MENU
icon label
image label
blacklogo

Ford Shelby GT350 R 'Flying Mustang' Ini Terjual Rp57 Miliar, Seberapa Istimewa sih?

JUL 20, 2020@18:00 WIB | 319 Views

Ford Shelby GT350R besutan 1965 ini punya rekam jejak yang istimewa. Pasalnya nama Ken Miles menempel ketat dibalik kemudi saat berlomba di Green Valley Raceway, yang dihelat di Smithfield, Texas di tahun 1965 silam. Selain nilai historisnya, muscle car ini akhirnya dijual dengan harga USD3,85 juta atau senilai Rp57,2 miliar, harga yang sesuai dengan nilai historisnya. Hari Jumat kemarin 20 Juli 2020 menjadi catatan sejarah di lelang Original Spring Classic yang berlangsung di Indianapolis, Indiana. Apa yang membuat Mustang Shelby GT350R ini begitu istimewa?

Pertama secara sasis dicetak 5R002 dan dilahirkan sebagai GTR350 Competition pada 14 Februari 1965, itu berarti hari Valentine yang cukup istimewa. Varian GT350 Competition ini lolos disetujui untuk balap di even  Sport Car Club of America (SCCA).  Untuk sang nahkoda ditujuklah Miles, dan akhirnya memenangkan perlombaan, dan menunjukkan kelas GT350R sebagai bagian dari prosesnya.

Kedua, saat dikendarai, mobil ini sempat terbang beberapa detik, dan menjadi satu-satunya yang tercatat dalam sejarah Mustang, sehingga disebut sebagai flying Mustang. Mungkin itu yang membuat nama Ken Miles begitu tersohor, menyejajarkan nama Bob Bondurant, Chuck Cantwell, Peter Brock, Jerry Titus dan mekanik handal Ford, Carrol Shelby. 

Ketiga, rangka 5R002 ini adalah generasi GT350R yang dibangun oleh Shelby secara langsung, mengingat 5R001 adalah  sama prototype yang dibangun di era 1965. Prototype yang kedua ini diajukan ke FIA untuk homologasi SCCA B agar masuk ke kelas produksi. Jadi GT350 ini menjadi yang kedua dibangun oleh Carroll Shelby.

Bila dibandingkan dengan GT350 yang diproduksi masal, model GT350R  telah menggunakan suspensi baru. Dengan mesin Ford F8 298 inci kubik menjadi mesin yang telah dimodifikasi, dengan sistem pendingin mesin yang ditingkatkan, bodypanel menggunkaan fiberglass, dan jendela Plexiglrass.  

Interiornya sudah dirombak untuk balap, digantikan dengan rollcage untuk memenuhi peraturan kompetisi. Dan spek khusus tersebut tidak dibangun ke 34 unit GT350R  yang diproduksi tahun 1965.

Shelby akhirnya menjual mobil ini ke insinyur Ford Bill Clawson, Michigan, untuk tetap turun di kejuaraan balap selama satu tahun. Termasuk perpindahan tangan kepada salah satu pelanggan di Meksiko yang tetap digunakan untuk balap, sehingga akhirnya karirnya terhenti di Shelby American Museum di Boulder, Colorado.

Terdiam selama 14 tahun di museum, John Atzbach akhirnya melelangnya di Mecum, dan tahun 2010, diremajakan ke konfigurasi balap aslinya seperti yang terlihat di Green Valley. Saking cukup fenomenalnya, banyak orang pengen bangun Shelby GT350 sebagai kelanjutan post produksi. Tiga diantaranya bakal dibangun seperti versi Ken Miles dengan spek yang sama seperti angka sasis 5R3002.[Ahs/timBX]

Tags :

#
ken miles,
#
ford shelby gt350r,
#
flying mustang,
#
gt350r competition

RELATED ARTICLE