MENU
icon label
image label
blacklogo

Ford Recall Produknya di China. Ada Apa?

APR 02, 2019@15:02 WIB | 1,215 Views

Kabar tak sedap datang dari pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, Ford Motor, yang mengumumkan penarikan terhadap 610 unit mobil jenis sport utility vehicle atau SUV di pasar China. Pemanggilan ulang untuk kendaraan yang terdampak kendala teknis tersebut disebabkan karena adanya indikasi kerusakan katup elektrik yang harus mendapat perbaikan.

Pihak Ford Motor China mengatakan bahwa kerusakan katup elektronik tersebut dapat menghambat kecepatan mesin dalam memproduksi tenaga. Akibatnya, performa dapur pacu dapat terganggu yang berdampak pada kondisi engine-malfunction sehingga bisa meningkatkan risiko keamanan dan keselamatan bagi pengendara.

Terkait hal itu, otoritas setempat yakni Regulator Otomotif Pasar China (SAMR) dalam pernyataan resminya mengatakan, ke- 610 unit mobil yang ditarik tersebut merupakan model Ford Edge yang diproduksi antara rentan waktu 9 Agustus 2010 hingga 1 Oktober 2010. SAMR juga mencatat, mobil tersebut memasuki pasaran China sejak 2011 silam.

Ford Motor sendiri menyebutkan, proses recall  telah mulai dilakukan pada akhir bulan lalu, atau tepatnya pada 25 Maret 2019. Sebagai kompensasi, pabrikan yang tergabung dalam grup General Motors itu dikabarkan bakal menanggung seluruh biaya yang timbul akibat proses tersebut dan tidak membebankan konsumennya selama masa perbaikan kendala teknis.

Sebagai informasi, Ford Edge sampai lansiran 2010 memiliki spesifikasi 4-door SUV dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Dengan sistem penggerak all wheel drive (AWD), Ford Edge dibekali mesin V6 berkapasitas 3.5 L yang mampu menyemburkan tenaga setara 265 daya kuda pada 6.250 rpm.

Dari sisi fasilitas keamanan dan kesellamatan , SUV Amerika yang ‘Asia banget’  tersebut dilengkapi fitur safety Electronic Stability Contro, daytime running lights, child safety locks, dan traction control.

Penarikan kendaraan oleh produsen terhadap unit yang diduga mengalami masalah produksi memang kerap terjadi dalam industri otomotif. Ford Motor sendiri tercatat pada Februari lalu juga melakukan hal serupa dengan me-recall 1,4 juta unit mobil bertipe F-150 yang sebagian besar tersebar di kawasan Amerika Utara.

Ford mencatat bahwa kendaraan yang ditarik itu dibangun di dua pabrik rakit utamanya, yakni pabrik perakitan Dearborn dengan masa produksi 28 April 2010 hingga 28 Oktober 2013. Kemudian, pabrik perakitan Kota Kansas yang berproduksi pada 18 Mei 2010 hingga 18 November 2013.

Penarikan kendaraan bergenre pickup trucks tersebut merupakan buntut dari masalah yang ditemukan pada bagian sinyal sensor kecepatan output transmisi yang terputus-putus ke modul kontrol power-train.

Tags :

#
ford,
#
penarikan produk,
#
ford china