MENU
icon label
image label
blacklogo

Ford Patenkan Gearshift di Setir Kemudi

MAY 16, 2017@15:00 WIB | 241 Views

Ford Motor Corporation telah mengajukan hak paten ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat yakni penggunaan tombol Gearshift atau tombol mengganti posisi transmisi pada setir kemudi.

Ada dua tombol yang terdapat pada setir, satu menunjukkan D (Drive) disebalah kanan serta satu tombol lainnya memiliki tiga fungsi yakni N (Netral), P (Parking) dan R (Reverse) disebelah kiri, Untuk mengoperasikanya, sama seperti pada mobil pada umumnya yang menggunakan transmisi matik, dimana pengemudi perlu menekan pedal rem sebelum mengubah posisi transmisi.

Seperti dilansir Motor1, ada beberapa alasan yang diungkapkan Ford terkait dengan fitur baru ini. Pertama membuat konsol tengah atau panel instrument lebih lapang karena tidak adanya lagi tuas transmisi. Selain itu tuas dibagian tengah mengurangi estetika, kemungkinan dengan adanya tombol di setir dapat bisa lebih fleksibel ketika digunakan.

Penggunaan tombol ini dianggap memusingkan. Pasalnya butuh beberapa kali pencetan tombol guna mencari posisi transmisi yang diinginkan pengemudi yakni N, P atau R. Untuk menekan R maka harus melewati dua tombol . Demikian pula dengan lainnya.

Itu artinya pengemudi dengan mudah memindahkan transmisi gigi dengan menekan tombol yang di letakan di bagian kiri atau kanan setir kemudi. Hal inilah yang membuat Ford. Namun sayang belum ada keterangan lebih lanjut kapan dan pada kendaraan apa Ford akan membenamkan teknologi transmisi ini. [ddy/timBX]

Tags :

#
ford,
#
gearshift,
#
blackauto