MENU
icon label
image label
blacklogo

Fisker Ocean SUV Electric 4WD Bakal Debut di CES 2020

DEC 15, 2019@10:00 WIB | 125 Views

Setelah menampilkan teaser dan delay atas debut, akhirnya Fisker bakal memperkenalkan SUV elektriknya dengan nama Ocean yang dijanjikan melahap lintasan sejauh 300 miles. Jujur sejatinya yang ditampilkan hanya sebuah prototype, karena versi produksinya sendiri belum terschedule secara tetap hingga 2021.

Dalam rilis yang mencakup Ocean, Fisker juga menjelaskan detail dari SUV elektriknya. Fisker bakal membangun stasiun pengisian secara pribadi, dan itu bagian dari jaringan 'Electrify America'. Seperti yang telah dimulai oleh Volkswagen dengan menginvestasikan Rp27,9 triliun, setelah VW terkena pinalti atas emisi disel. Konsekuensi berikutnya VW membuka kans semua mobil elektik bisa mengcharge di stasiun yang ia bangun.

Hal yang sama juga akan dilakukan oleh Ford, dengan mobil elektricnya, Mustang Mach-E, diikuti dengan Lucid Motors, Byton yang akan meramaikan Electrify America.

SUV Ocean bakal diberikan fitur khusus "California Mode", seperti yang diungkapkan Fisker. Perusahaan bakal memberikan sentuhan pengalaman antara pengemudi dan penumpang secara convertible, tanpa actual folding roof. Fitur tersebut akan tersedia dalam versi standar, dan semua varian Ocean, kecuali model dasar.

Fisker juga menegaskan bahwa Ocean standar menggunakan penggerak all wheel drive, dengan kapasitas baterai 80 kWh, yang mampu menempuh perjalanan hingga 250-300 miles, bergantung situasi dan gaya mengemudi. 

Untuk menjaga tetap ramah lingkungan, Ocean menggunakan karpet daur ulang dari bahan jaring ikan, pelapis vegan 100 persen, dan bahan eco suede yang terbuat dari bahan pakaian bekas, plastik dan karet.

Meski bakal sebagai prototype, Fisker menawarkan kepada calon konsumen sebesar USD250 melalui aplikasi atau webnya. Saat diproduksi, Ocean menawarkan penyewaan dengan uang muka USD2.999 dan biaya perbulan USD379.  SUV Ocean dapat dikembalikan setelah 1 bulan, atau 8 bulan atau 22 bulan bahkan beberapa tahun dengan rata-rata pemakaian 30 ribu mil pertahun. Namun secara harga Fisker Ocean bakal ditawarkan dirange USD40 ribu, mendekati harga dasar Tesla USD39 ribu.

Catatan penting nanti saat CES 2020, Fisker akan menampilkan SUV Ocean dalam productio intent prototype. Artinya bentuk yang ditawarkan bukan sebuah hasil final namun cukup identik dengan versi produksinya. Rencananya akhir 2021 akan diproduksi, dan pengiriman pertama pada tahun 2022.

Secara kapasitas dan jadwal memang jauh dari rencana produksi, karena kapasitas Fisker masih sebatas Startup otomotif.  Fisker berencana meluncurkan model yang lebih mahal yang disebut EMotion, yang akan menggunakan baterai solid-state baru untuk mencapai kisaran 400 mil.

Secara track record, Henrik Fisker, perancang otomotif dibalik proyek mercusuar ini. Sebelumnya telah menghasilkan plug-in hybrid Fisker Karma, meski berakhir pada kebangkrutan. Namun, mobil itu dihidupkan kembali dan sekarang kembali berproduksi sebagai Karma Revero. Kita tunggu informasi selanjutnya ya BlackPals.[Ahs/timBX]

Tags :

#
henrik fisker,
#
fisker ocean,
#
suv ocean,
#
all electric suv,
#
all wheel drive suv,
#
ces 2020