MENU
icon label
image label
blacklogo

First Impression DFSK Glory 580 1.5T Luxury, Medium SUV Tiongkok yang Layak Diperhitungkan

MAY 04, 2018@11:00 WIB | 301 Views

 (DFSK Glory 580 1.5T Luxury)

Produsen otomotif asal Tiongkok tampak serius untuk bermain di Indonesia, setelah Wuling berhasil mencuri hati banyak konsumen Indonesia, kini giliran DFSK yang melakukannya. Sebagai permulaan, DFSK mengandalkan Glory 580 untuk konsumen di Indonesia.

DFSK Glory 580 adalah sebuah medium SUV berkonfigurasi tiga baris bangku. Artinya, mobil ini mampu mengangkut hingga tujuh orang penumpang. Ada dua mesin yang diberikan DFSK untuk Glory 580, yakni 1.800 cc naturally aspirated dan 1.500 cc turbo.

 (DFSK Glory 580 1.5T Luxury memakai mesin berkapasitas 1.500 cc turbo)

Pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, kemarin, kami berkesempatan untuk mencoba DFSK Glory 580, meski pengetesannya hanya dilakukan di area yang terbatas. Tak mau tanggung, kami pun memilih DFSK Glory 580 1.5T Luxury yang merupakan varian termahalnya.

Meski bangku pengemudinya belum dilengkapi dengan pengaturan elektrik, namun tidak sulit untuk mendapatkan posisi mengemudi yang ideal di Glory 580. Seandainya setirnya juga bisa diatur maju mundur (teleskopik), pasti akan lebih mudah lagi untuk bisa mendapatkan posisi mengemudi yang paling nyaman.

 (Tampilan dasbor DFSK Glory 580 sederhana tapi elegan)

Setelah mendapatkan posisi mengemudi yang paling pas, impresi positif kembali didapat dari visibilitas ke depan yang jelas dan luas. Hal ini didapat berkat desain dasbornya yang tidak begitu tinggi.

Bagaimana dengan kenyamanannya? Kita perlu mengacungi jempol untuk poin ini. Bantingan suspensi Glory 580 memang tidak lebih baik dari medium SUV dari Jepang. Namun, bantingannya terasa firm alias pas.

 (Bangku baris kedua DFSK Glory 580 memiliki legroom yang cukupan)

Masih di sektor kenyamanan, kami pun pindah ke belakang untuk mengetahui seberapa lega kabin Glory 580. Duduk di belakang setelan bangku pengemudi yang berpostur 176 cm, kami masih mendapat ruang sekitar tiga jari. Tidak terlalu lega memang, tapi minimal orang yang bertubuh besar masih cukup untuk duduk di sini.

Pastinya banyak yang penasaran dengan performa Glory 580. Untuk menghilangkan rasa penasaran tersebut, kami pun membawanya berakselerasi.

 (DFSK Glory 580 1.5T Luxury sudah memakai keyless entry)

Sebelum menjabarkan impresi awal tentang performanya, kami ingatkan lagi bahwa unit test yang kami pakai adalah yang bermesin 1.498 cc turbo dengan tenaga sebesar 147 dk dan torsi 220 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi CVT.

Banyak yang bilang kalau transmisi CVT tidak cocok dipasangkan pada mobil yang mesinnya menggunakan turbo. Ternyata, pernyataan tersebut memang benar adanya.

 (Untuk menyalakan mesinnya hanya perlu menekan tombol)

Metode yang kami gunakan untuk berakselerasi adalah dengan menginjak rem sekuat tenaga sembari menginjak pedal gas, dan begitu momentum sudah didapat, barulah kami melepas gas.

Dengan metode akselerasi seperti itu, yang kami rasakan ketika mobil berlari adalah putaran bawah yang terasa berat dan lambat. Tentunya ini juga diakibatkan karena adanya gejala turbo lag di putaran awal.

 (Sunroof jadi salah satu fitur andalan DFSK Glory 580 1.5T Luxury)

Karena keterbatasan lahan, maka kami tidak bisa mengeksplor lebih jauh soal potensi performa Glory 580 1.5T Luxury. Tapi, jika mobil ini mempunyai paddle shift, dapat dipastikan bahwa ia akan jadi terasa lebih menyenangkan untuk dikemudikan.

Terlepas dari performanya yang tidak begitu impresif, kami tetap menilai kalau DFSK Glory 580 adalah sebuah medium SUV yang layak untuk diperhitungkan. Sebab, mobil ini punya daya angkut dan kenyamanan yang terbilang mumpuni.

 (Rem parkir elektrik juga jadi standar di DFSK Glory 580 1.5T Luxury)

Tak hanya itu, DFSK Glory 580 1.5T juga memiliki banyak fitur yang biasa ditemukan di mobil premium. Beberapa fitur tersebut antara lain adalah rem parkir elektrik, sunroof, head unit berukuran 10 inci, kamera depan, keyless entry, push start/stop button engine, dan lain-lain.

Satu hal yang tak kalah penting adalah harganya. DFSK menjual Glory 580 1.5T Luxury dengan harga yang sangat kompetitif, yakni Rp 308 juta. Dengan semua kelebihan yang dimilikinya, ditambah dengan harga jual yang menarik, jelas DFSK Glory 580 adalah sebuah medium SUV yang sangat layak untuk diperhitungkan. [APSG/timBX]

Tags :

#
dfsk,
#
dfsk glory 580,
#
medium suv,
#
first impression,
#
auto news