MENU
icon label
image label
blacklogo

Fiat Panda Melaju 0-60 MPH Dalam 2,9 Detik

DEC 17, 2021@15:00 WIB | 400 Views

Meski terdengar tidak mungkin, Fiat Panda 90-an ini dapat melaju 0-60 mph hanya dalam waktu 2,9 detik dengan ditenagai oleh Ford. Balap reli adalah salah satu bentuk motorsport yang paling menghibur yang kita kenal. Sebagian karena orang suka melihat mobil yang beralihfungsi, sebagian lainnya karena mereka bisa mendapatkan penglihatan unik dengan mobil yang sedang dilombakan. 

Reli selalu terbuka untuk mobil dari semua aliran, dan bukanlah hal aneh melihat Porsche 911 dan Toyota Prius berlomba di acara yang sama. Sebetulnya ada tradisi panjang balap hatchback yang lebih kecil, dan sementara saat ini didominasi oleh mobil seperti Ford Fiesta dan Toyota Yaris. 

Namun ada juga beberapa yang lebih memilih menggunakan mobil yang agak kuno, salah satunya adalah mobil putih yang dijuluki Pandamonium ini. Mobil satu ini adalah Fiat Panda tahun 1990-an yang dapat didefinisikan sebagai retro-keren. Meskipun terlihat seperti tempat roti karena bentuk kubusnya, Pandamonium mengajarkan sebagian besar mobil modern pelajaran yang sulit.

Mobil ini adalah karya dari bengkel balap dan teknik yang berbasis di Inggris, M-Sport. Mereka bertanggung jawab untuk membangun mesin balap terkenal seperti mobil balap Bentley Continental GT3. Kali ini, mereka ditugaskan untuk membuat proyek ini menjadi hidup dan hasil akhirnya lebih baik dari yang diharapkan siapa pun.

Mesin reli kompak ini duduk di atas sasis dan mesin Fiesta R5 dan bodinya telah diregangkan 14,2 inci. Bodinya kini duduk di atas sasis tube-frame yang begitu lebar sehingga M-Sport terpaksa menggunakan dua gril untuk menutupi wajah Panda. 

Lengkungan roda kotak besar terlihat langsung dari film dokumenter reli Grup B, dan jarak sumbu roda telah diperpanjang 12,6 inci. Di bawah kap terdapat mesin Ford 1.6 liter EcoBoost empat silinder yang menghasilkan sekitar 300 tenaga kuda dan torsi 332 lb-ft yang mengirimkan tenaganya ke keempat ban Pirelli P Zero melalui transmisi sekuensial lima kecepatan dan dua diferensial khusus. 

Kemammpuan untuk sprint 0-60 mph hanya dalam 2,9 detik. Logo "Panda 4x4" di bagian belakang membuat orang tahu bahwa ini bukan Fiat biasa BlackPals kenal. Interiornya identik dengan mobil reli Fiesta R5. Mobil ini memang tidak legal untuk dikendarai di jalan raya, tetapi sangat cocok untuk panggung reli. [yub/zz/timBX]

Tags :

#
fiat panda,
#
fiat