MENU
icon label
image label
blacklogo

Fiat Centoventi Full Elektrik Melenggang di CES 2020

JAN 07, 2020@10:00 WIB | 241 Views

Fiat memperkenalkan mobil konsep Centoventi di gelaran CES 2020. Automaker Italia ini sebelumnya telah memperkenalkan Centoventi ke Geneva Motor Show 2019.  Centoventi lebih berarti bilangan 120 dalam bahasa Italia. Angka ini melambangkan peran serta Fiat dalam bisnis mobil selama 120 tahun.

Sebelumnya Fiat juga mengeluarkan varian dengan notasi angka, seperti 500 dan 124 Spider. Fiat juga tidak segan mengeluarkan boxy shape dengan desain Fiat masa lalu, seperti varian Uno dan Panda. 

Centoventi bukan sekedar little hatchback. Centoventi dirancang dengan customizeable, artinya owner terus bisa mengubah mobil sesuai kebutuhan. Meski foto-foto yang beredar menggunakan paduan warna grey silver dan putih. Namun itu belum tentu menjadi warna produksi.

Memang demikian, pasalnya, Centoventi bakal dijual dalam satu warna saja. Bahkan owner bisa merubah warna dengan menukar roof panel, bagian bumper, penutup velg, dan memilih wrapping ekterior yang berbeda. Pantas bila Fiat memberikan nama program Centoventi dengan 4U.

Lihat bagaimana desain interior? Bagian interiornya memiliki desain modular, yang akan memungkinkan si owner memasang aksesoris interior yang dapat dipilih sendiri, dalam mode plug and play.

Begitu juga dengan baterai, Centoventi dapat digunakan mengemudi sejauh 100 km atau sejauh 480 km. Pola ini mirip dengan apa yang diterapkan pada bateria Tesla cukup 1 baterai. Akan tetapi setiap model dibarengi dengan sebuah software yang membatasi jangkauan jarak tempuh pada entry level.

Fiat mengindikasikan bahwa baterai yang digunakan bisa memiliki jangkauan ekstra, dan lebih lama. Hal itu berdasar quote dari rilis Fiat "Perfect for urban commuting and a weekend gateway by the sea or in the mountains".

Centoventi memili dua laya yang menghadap ke luar. Satu di kaca depan, dan satu dibelakang. Maksudnya pengemudi dapat memproyeksikan pesan kepada pengemudi mobil lain yang lewat, saat Centoventi sedang parkir.

Rencana mobil listrik Fiat ini belum punya kepastian jelas. Automaker Italia ini telah membuat versi elektrik dari varian 500. Dan aksi ini hanya untuk memenuhi mandat kota California saja, sebagai kendaraan non emisi. Diluar itu Fiat tidak berniat memasarkan 500e electric di wilayah lain. 

Centoventi juga menjadi bagian yang jelas untuk market Amerika Serikat, dengan model Abart 500 dalam versi electrik karena harus head to head engan Mini Cooper SE tentunya. Selain Fiat Centoventi juga akan muncul Chrysler, dengan konsep Airflow Visionnya. Sementara Jeep memberkenalkan versi hybrid dari Wrangler, Compass dan Renegade.[Ahs/timBX]

Tags :

#
fiat,
#
centoventi,
#
abart 500,
#
ces 2020