MENU
icon label
image label
blacklogo

Fiat 500 EV, Mobil Full Elektrik Pertama Dari Fiat

MAY 08, 2020@16:50 WIB | 142 Views

Fiat 500 telah menjadi ikon city car sejak kehadiran model reborn yang diluncurkan pada tahun 2007. Sejak saat itu, Fiat 500 tetap relevan dengan peningkatan warna dan trim, tetapi sekarang saatnya bagi Fiat untuk melakukan revolusi terbesar dalam sejarah mobil dengan menghadirkan All New Fiat 500 Full Electric.

Revisi yang diberikan pada mobil ini membuat Fiat 500 EV sudah cukup bagi Fiat untuk menyebut model ini sebagai generasi ketiga, setelah kelahiran Fiat 500 Reborn pada tahun 2007 dan model pertama Cinquecento yang dibuat antara tahun 1957 dan 1975.

Fiat 500 EV menggunakan platform baru yang menghasilkan sedikit peningkatan ukuran dibandingkan dengan Mk2, sehingga ukuran Fiat 500 EV 60mm lebih lebar dan 60mm lebih panjang dari Mk2 sehingga Jarak sumbu roda mobil ini juga telah bertambah sekitar 20mm, tetapi panjang keseluruhan dari Fiat 500 EV masih di bawah empat meter.

Fiat belum bermain terlalu banyak dengan styling dari mobil terbarunya ini. Profil samping dari Fiat 500 EV baru masih sama seperti Fiat 500 generasi sebelumnya, tetapi ada sedikit pembaruan di bagian depan, dengan bumper baru yang sebenarnya lebih dekat dengan gaya Fiat 500 generasi pertama.

Fiat 500 EV diluncurkan sebagai cabriolet, dianggap sebagai titik penjualan yang unik karena belum ada mobil full elektrik dengan atap terbuka yang tersedia dipasaran.

Mobil ini memiliki paket baterai lithium ion 42kWh, yang cukup untuk menempuh jarak hingga 320 km di bawah uji efisiensi WLTP. Motor listrik ini memiliki tenaga 117 hp yang dapat melontarkan Fiat 500 EV dari 0 hingga 100 kpj dalam waktu sembilan detik dan ke kecepatan tertinggi berada di angka 150 kpj.

Fiat 500 EV mendapat charger DC 85kW, sehingga mobil dapat diisi ulang dari 0 hingga 80 persen hanya dalam waktu 35 menit. Sedangkan untuk mengisi daya penuh dari daya listrik rumah 7.4kW akan memakan waktu lebih dari enam jam, dan Fiat juga berencana untuk meluncurkan pengisi daya rumah 3kW, yang akan dapat dicolokkan ke soket domestik tanpa memerlukan instalasi profesional.

Mobil ini memberikan tiga mode mengemudi. Mode Normal digambarkan oleh Fiat "sedekat mungkin dengan mengendarai kendaraan dengan mesin pembakaran normal", sementara Mode Range mengaktifkan tingkat pemulihan energi rem yang lebih tinggi. Ini akan memungkinkan pemilik untuk mengendarai mobil hanya menggunakan pedal throttle dan mengantisipasi situasi berhenti.

Mode terakhir, Sherpa, mempertahankan jangkauan sebanyak mungkin, sehingga membatasi kecepatan tertinggi hingga 80 kpj, menumpulkan respons throttle dan mematikan kontrol iklim dan pemanas kursi.

Masuk ke interior, ada penigkatan yang lebih besar dalam desain dan kualitas, karena Fiat telah menggunakan platform baru untuk memperkenalkan dashboard dengan material yang lebih baik, dan Fiat 500 EV adalah produk FCA pertama yang mendapatkan sistem infotainment UConnect 5 terbaru.

Sistem infotaiment Fiat 500 EV dibekali dengan layar sentuh high definition 10,25 inci dengan fungsionalitas nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto.

Fiat 500 EV akan menawarkan berbagai aplikasi smartphone, yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa tingkat pengisian daya mobil mereka dari jarak jauh, dan menghangatkan atau mendinginkan kendaraan sebelum berangkat.

Fiat 500 EV akan tersedia dalam tiga varian warna, yakni Mineral Gray, Ocean Green, dan Celestial Blue. Dan juga akan dilengkapi dengan lampu depan LED, trim interior berbahan kulit, velg 17 inci dan trim eksterior krom.

Fiat akan meluncurkan 500 EV di Inggris dengan trim 'Spec Prima', yang akan akan dihargai £ 29.000 atau sekitar Rp.470.570.931. [rid/asl/timBX]

Tags :

#
fiat 500 ev,
#
mobil full elektrik pertama,
#
ikon city car,
#
fiat 500 reborn