MENU
icon label
image label
blacklogo

Fiat 500 C Ollearo, Truk Mini Beroda Enam

MAR 22, 2021@20:00 WIB | 435 Views

Mereka yang mengenal Fiat 500 nampaknya akan terkejut melihat varian truk dari ikon mungil Italia ini. Tidak seperti kebanyakan kendaraan sejenis, 500 C ini memiliki enam roda dan dilengkapi tempat tidur kayu yang indah di bagian belakang dan lebih banyak lagi. Setelah tidak aktif di sebuah museum sejak restorasi tahun 1990, kendaraan tersebut akan memasuki sirkuit lelang lokal akhir bulan ini.

Kisah Fiat 500 ini dimulai pada tahun 1950 di mana ia diubah menjadi bentuknya saat ini oleh perusahaan Ollearo di Turin. Berlawanan dengan kepercayaan populer, operasi ini diotorisasi oleh pembuat mobil Italia. Setelah truk berpindah tangan pada akhir 1980-an, kendaraan tersebut dikembalikan ke standar kompetisi dan disimpan di museum pribadi.

Tentunya, membandingkan mesin ini dengan kendaraan enam roda modern seperti Mercedes G-Wagen 6x6, tidaklah adil. Sementara mitra Italia memang memiliki enam roda dan tiga as, tidak jelas berapa banyak dari mereka yang digerakkan. Kurang tepat bila tidak menyebutkan bahwa mesin 569cc 16-tenaga kuda (12-kilowatt) yang ada di bawah kap hampir tidak cukup kuat bahkan untuk menggerakkan satu poros.

Untungnya, statistik daya tidak terlalu penting dengan mesin ini karena selama masa kejayaannya, kendaraan ini berfungsi sebagai bar anggur seluler. Menurut pelat nomor dan buku catatan, Fiat ini menjalankan layanan utamanya di provinsi Cuneo Italia - yang terletak di antara Turin dan Prancis selatan.

Selama bertugas di museum, mesin dihidupkan secara berkala, tetapi rumah lelang Aste Bolaffi masih mengungkapkan bahwa perlu pemeriksaan umum agar dapat dihidupkan ulang dengan benar. Terlepas dari itu, kendaraan tersebut akan mulai dilelang pada 25 Maret, di penjualan Aste Bolaffi Classic Motor di Alessandra, Italia. [ibd/timBX]

Tags :

#
fiat 500 c ollearo,
#
fiat 500,
#
kendaraan enam roda modern