MENU
icon label
image label
blacklogo

Ferrari Kembangkan Sistem Audio Untuk Knalpot EV Mereka

JAN 28, 2023@16:00 WIB | 613 Views

Ferrari telah mengembangkan cara untuk menghasilkan suara yang otentik dan menyenangkan untuk supercar listrik masa depannya yang akan berkorelasi langsung dengan kinerja powertrain, memungkinkan pengemudi untuk mengemudi dengan suara seperti yang mereka lakukan di model kontemporer seperti SF90 Stradale.

Alih-alih memutar audio simulasi melalui speaker seperti soundtrack yang dibuat oleh Hans Zimmer dari BMW untuk EV-nya, ini akan menjadi suara asli mobil tersebut. Tapi jangan berharap akan ada serangkaian ruang resonansi dan pipa yang menghasilkan knalpot seperti sistem pembuangan Dodge Fratzonic. knalpot Ferrari akan jauh lebih teknis dan asli buatan Italia.

Perusahaan telah melakukan banyak penelitian untuk menyempurnakan dinamika EV masa depannya dan menjadikannya seperti supercar bermesin tengah, tetapi telah menyoroti suara EV sebagai titik lemah, dengan menyoroti suara sebagai elemen penting dalam kesenangan berkendara. 

Pada dasarnya, Ferrari akan mengekstrak suara dari motor listrik dan berbagai komponen drivetrain, kemudian mengukur frekuensi resonansi motor, transmisi, diferensial, dan bahkan roda, sebelum memperkuat suara tersebut dengan resonator untuk menciptakan suara yang berkorelasi dengan kecepatan putaran motor listrik.

Ini pada dasarnya bermuara pada sistem kontrol motor listrik yang menambahkan apa yang disebut "arus sonoritas" ke catu daya motor listrik pada frekuensi sedemikian rupa. Arus sonoritas bervariasi karena dikendalikan oleh sistem kontrol motor, artinya frekuensi yang berbeda dapat dibuat.

Arus sonoritas ini akan menciptakan frekuensi harmonik yang berbeda di rumah motor, sesuai dengan kecepatan rotasi motor. Dengungan ini kemudian dapat diperkuat oleh resonator pada motor atau rumah transmisinya untuk menghasilkan suara powertrain asli. Resonator dapat dirancang untuk menghasilkan jenis suara yang tepat yang dianggap sesuai oleh Ferrari untuk aplikasinya dan bahkan tidak memerlukan perangkat keras tambahan untuk membuatnya berfungsi.

Bagian terbaik dari paten ini adalah suaranya benar-benar asli, naik dan turun menyesuaikan dengan kecepatan motor listrik dan bahkan mengubah volume tergantung pada beban pada motor. Sistem ini tidak akan diterapkan untuk model Ferrari saat ini, tetapi Ferrari listrik pertama yang akan datang dan jika sistem ini berfungsi dengan baik, maka kemungkinan produsen EV lain juga akan mengadopsinya. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ferrari,
#
fratzonic,
#
knalpot,
#
ev

X