MENU
icon label
image label
blacklogo

Ferrari Jakarta Datangkan Unit Pertama Ferrari 488 Pista

MAY 14, 2019@12:00 WIB | 1,026 Views

Ferrari Jakarta berbagi momen spesial dengan Blackxperience dan rekan-rekan media nasional lainnya untuk menyaksikan penampilan perdana dari salah satu lansiran produk Maranello yang kini hadir di Tanah Air, Ferrari 488 Pista.

Supercar ini merupakan penerus seri spesial Ferrari bermesin V8, seperti 360 Challenge Stradale, 430 Scuderia, dan 458 Speciale yang banyak mendapat pujian dalam hal performa dan handling luar biasa. "Ferrari 488 Pista adalah sebuah produk yang sangat ditunggu-tunggu oleh klien-klien Ferrari di seluruh dunia, termasuk di Indonesia," kata Indraguna Sutowo, CEO Ferrari Jakarta.

Ini artinya, Ferrari Jakarta sudah melengkapi rangkaian produk terkini Ferrari, yakni mulai dari Ferrari Portofino, 488 GTB, 488 Spider, GTC4 Lusso dan 812 Superfast. Di negeri asalnya, harga Ferrari 488 Pista adalah US$ 350 ribu atau setara Rp 5 miliar (kurs: Rp 14.300). Namun, itu bukan harga jual karena belum memperhitungkan pajak kendaraan, dan pajak penjualan atas barang mewah.

Dibandingkan dengan 488 GTB, model baru ini lebih ringan 90 kilogram sehingga bobot keringnya 1.280 kilogram. Mesin Ferrari V8 merupakan mesin paling bertenaga dalam sejarah Ferrari, serta evolusi ekstrem dalam hal unit turbonya yang memenangkan penghargaan International "Engine of the Year 2016 dan 2017".

Mesin tersebut menghasilkan tenaga 720 HP yang merupakan tenaga terbesar di kelasnya (185 hp/liter) dan juga yang paling ringan, berkat solusi yang diadopsi dari 488 Challenge, termasuk manifold knalpot Inconel serta poros engkol dan flywheel yang ringan. Selain itu, juga berkat fitur-fitur tambahan seperti con rods titanium dan intake plenum dari serat karbon.

Torsinya juga lebih tinggi dari 488 GTB pada semua tingkat putaran mesin, sehingga memberikan akselerasi bertenaga tapiu halus dengan waktu respons turbo yang lebih cepat meski terjadi peningkatan daya. Ferrari 488 Pista cenderung lebih ringan dibanding seri lainnya. Jika dibandingkan dengan 488 GTB, model baru lebih ringan 90 kilogram (1.280 kg untuk bobot keringnya).

Aspek dinamika dan aeeodinamis yang dimiliki Ferrari 488 Pista terinspirasi dari mobil balap Ferrari: 488 GTE dan 488 Challenge. Solusi balap yang diadopsinya, antara lain S-Duct yang terinspirasi F1 dan desain diffuser depan dengan sudut miring yang dioptimalkan untuk 488 GTE guna menciptakan daya hisap yang kuat untuk meningkatkan downforce.

Selain itu, Ferrari untuk pertama kalinya memiliki Ferrari Dynamic Enhancer (FDE) dengan fitur-fitur pertama di dunia, seperti menggunakan perangkat lunak Ferrari untuk menyesuaikan tekanan rem pada kaliper. Ini memungkinkan pengendalian mobil menjadi lebih mudah, termasuk ketika melewati tikungan tajam.

Sementara itu, pilihan pelek karbon berukuran 20 inci. Bagian lain yang menggunakan bahan serat karbon adalah kap mesin, bemper dan spoiler belakang.

Kombinasi ini menawarkan performa layaknya sebuah mobil balap, baik ketika dikendarai di jalan raya, sirkuit, maupun oleh pengendara bukan profesional. Dinamika kendaraan memang telah dirancang untuk menambah kesenangan dalam berkendara sekaligus mencapai performa tertinggi dengan mudah dan terkendali. [bil/timBX]

Tags :

#
ferrari,
#
ferrari jakarta,
#
488,
#
488 pista,
#
v8,
#
488 challenge,
#
488 gtb,
#
turbo,
#
488 gte,
#
s-duct,
#
ferrari dynamic enhancer,
#
indraguna sutowo,
#
maranello,
#
auto news