MENU
icon label
image label
blacklogo

FCA dan PSA Sepakat Bergabung, Bangun Perusahaan Patungan

NOV 03, 2019@10:25 WIB | 111 Views

PSA dan Fiat Chrysler telah menyetujui merger. Namun, hingga kini perincian mengenai perusahaan masih tahap perundingan, karena kesepakatan akan diselesaikan dalam beberapa minggu mendatang. Ini juga terbuka apakah mobilitas listrik dari kedua perusahaan akan melebur menjadi satu di perusahaan baru.

Menurut kedua produsen kendaraan, PSA dan FCA berencana untuk mendirikan perusahaan patungan di Belanda yang akan dipegang oleh PSA dan Fiat Chrysler, dengan masing-masing 50 persen saham. CEO PSA Carlos Tavares akan menjadi Kepala Eksekutif, Dewan Direksi akan diketuai oleh Ketua FCA saat ini John Elkann, seorang cucu dari bos Fiat lama, Giovanni Agnelli.

Ini akan menciptakan pabrikan mobil terbesar keempat di dunia dalam hal penjualan setelah Volkswagen, Toyota dan Renault-Nissan. Targetnya adalah penjualan 8,7 juta kendaraan per tahun, total penjualan 170 miliar euro dan hasil operasi lebih dari sebelas miliar euro.

"Konvergensi ini membawa nilai signifikan bagi semua pemangku kepentingan dan membuka masa depan yang cerah bagi entitas gabungan," kata Tavares. 

“Saya senang dengan pekerjaan yang sudah dilakukan dengan Mike [Manley, bos FCA, Ed.] Dan akan sangat senang bekerja dengannya untuk membangun perusahaan yang hebat bersama”. 

Manley menambahkan: "Kami memiliki sejarah panjang kerja sama yang sukses dengan Groupe PSA, dan saya yakin bahwa bersama dengan orang-orang hebat kami, kami dapat menciptakan perusahaan mobilitas global kelas dunia."

Alasan merger perusahaan ini adalah biaya dan daya saing jangka panjang. Menurut PSA dan FCA, merger akan menghasilkan sinergi € 3,7 miliar per tahun tanpa menutup pabrik, tetapi perusahaan yang bergabung tidak akan mencapai 80 persen dari sinergi ini sampai tahun kelima. Satu hal yang jelas: PSA dan Fiat Chrysler juga ingin berbagi biaya untuk teknologi baru seperti mobil listrik dan mengemudi mandiri (otonom) di bidang yang relevan di masa depan.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
psa,
#
fca,
#
merger