MENU
icon label
image label
blacklogo

Fantastis! Ferrari Enzo Langka Terjual seharga Rp 55 Miliar!

AUG 12, 2021@13:00 WIB | 339 Views

Sejauh hypercar modern datang silih berganti, tidak dapat disangkal bahwa Ferrari Enzo 2003 adalah salah satu yang paling penting.

Fantastis! Ferrari Enzo Langka Terjual seharga Rp 55 Miliar

Hidungnya terinspirasi F1 hingga V12 6.0 liter N/A, segala sesuatu tentang hypercar Italia ini dibuat untuk tampil maksimal. Dan baru-baru ini dengan contoh menakjubkan berhasil terjual seharga $ 3,8 juta (sekitar Rp 55 miliar).

Sementara hanya 400 Enzo yang meninggalkan lini produksi Ferrari antara tahun 2002 dan 2004, hanya segelintir yang menampilkan finishing eksterior Rosso Scuderia yang sekarang terkenal, warna pilihan untuk beberapa mobil F1 paling terkenal dari merek tersebut. Tambahan fakta bahwa mobil khusus ini hanya dapat menempuh kecepatan 353 mil/h (568 km/jam) sejak baru diluncurkan dan berhasil melakukan penjualan yang memecahkan rekor.

Fantastis! Ferrari Enzo Langka Terjual seharga Rp 55 Miliar

Sementara formula Ferrari Enzo mungkin tampak cukup umum dibandingkan dengan hypercar modern lainnya, itu revolusioner di awal 2000-an. Semuanya dimulai dengan gaya mobil yang diturunkan dari F1, yang terlihat jelas berkat hidung segitiga di bagian depan. Namun, Enzo melampaui apa yang diizinkan oleh peraturan F1 saat itu dengan menambahkan komponen seperti aero aktif dan kontrol traksi.

Mesin hypercar ini adalah V12 6.0 liter Naturally Aspirated yang mengembangkan 651 tenaga kuda dan torsi 485 pon-kaki. Semua tenaga itu disalurkan ke roda belakang secara eksklusif melalui transmisi manual otomatis enam percepatan yang disebut F1. Berkat bodi serat karbonnya, Enzo hanya memiliki berat 3.260 pon (1479 kg) dengan panjang 185 inci, lebar 80, dan tinggi 45 inci yang meningkat cukup besar dibandingkan pendahulunya, F50.

Baca juga: Ferrari Sambut Pergeseran Industri Mobil ke Elektrifikasi

Fantastis! Ferrari Enzo Langka Terjual seharga Rp 55 Miliar

Sementara elemen-elemen ini sudah membuat Ferrari Enzo cukup diminati, mobil tertentu yang terlihat di atas, karena ia menampilkan finishing eksterior Rosso Scuderia yang unik, menjadikannya salah satu dari sedikit yang pernah meninggalkan Maranello mengenakan warna ini. Pada saat penulisan, diyakini ini adalah satu-satunya Enzo yang menampilkan warna ini yang saat ini berada di AS. Pemilik lain dari kombinasi unik ini termasuk Michael Schumacher, Jean Todt, dan bahkan Paus Yohanes Francis II.

Dalam hal mobil yang tepat ini, penjualan pribadi baru-baru ini membuatnya diperdagangkan seharga $ 3,8 juta, membuat rekor untuk pasar Enzo. Nilai yang sangat besar ini juga didorong oleh fakta bahwa dengan 353 mil per jam, ini adalah salah satu Enzo dengan jarak tempuh terendah yang tersisa di dunia.

Fantastis! Ferrari Enzo Langka Terjual seharga Rp 55 Miliar

Menurut Hammer Price, terakhir kali sebuah Enzo selesai di Rosso Scuderia dijual di lelang, itu menghasilkan lebih dari $6 juta (sekitar Rp 86 miliar). Namun, perlu dicatat bahwa itu adalah contoh terakhir yang pernah diproduksi, yang sebelumnya dimiliki oleh Paus Yohanes Paulus II. Hasilnya, penjualan baru-baru ini senilai $3,8 juta menetapkan sebagai salah satu Enzo paling mahal yang pernah dijual dari 399 unit produksi asli.[ibd/timBX]

Tags :

#
ferrari,
#
mobil ferrari,
#
ferrari enzo,
#
hypercar,
#
ferrari enzo langka terjual