MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Williams Bantah Pembentukan Tim Renault B di Formula 1

MAR 25, 2021@11:30 WIB | 508 Views

Tim yang berbasis di Grove sedang menjalani transformasi di bawah pemilik baru Dorilton Capital. Meski jalin aliansi teknis dengan Mercedes, yang akan mencakup penggunaan gearbox dan hidraulik untuk pertama kalinya mulai tahun 2022, baru-baru ini muncul spekulasi yang mengaitkan tim tersebut dengan Renault.

Kabar tersebut datang dari dukungan oleh CEO baru Renault, Luca de Meo, untuk meningkatkan kesuksesannya di Formula 1, dan berpotensi mendapatkan keuntungan dari menjalin hubungan yang lebih dekat dengan tim mitra.

CEO Williams Jost Capito mengatakan bahwa sementara tim terbuka untuk gagasan aliansi dari segi teknis - dan memang akan selalu membutuhkan pasokan mesin dari pabrikan - dia tidak ingin melepaskan kemandirian.

Berbicara tentang potensi pabrikan masa depan untuk memasuki F1 bersama Williams, Capito berkata: “Jika kami ingin meningkatkan dan dapat meningkatkan hasil, kami akan lebih menarik bagi OEM yang masuk, tetapi tujuan utama kami adalah untuk tetap menjadi tim yang independen dan bukan dibeli oleh tim lain atau oleh OEM.

“Williams selalu independen dan tidak seperti yang Anda lihat dengan tim A dan B. Bagi kami, tim B adalah tim yang tidak memiliki kepemilikan independen, atau memiliki beberapa kepemilikan dari OEM atau dari tim Formula 1 lain, dan pada definisi itu kami tidak ingin menjadi tim B.

“Kami ingin menjadi tim A, karena balapan adalah bisnis inti kami dan harus tetap menjadi bisnis inti dan independen dari pabrikan yang memutuskan untuk masuk atau keluar.”

Sementara rumor Renault menyatakan Williams kemungkinan akan terikat pada 2022, Capito menegaskan bahwa timnya akan menghormati kontrak yang dimiliki dengan Mercedes dan belum berniat untuk berganti mitra.

“Kami memiliki hubungan yang baik dengan Mercedes, dan kami memiliki kontrak yang masih berjalan beberapa tahun,” katanya. “Dan kami menghormati kontrak ini, karena kami sangat senang dengan kerjasama ini.

“Saya tidak melihat di masa depan bahwa tim akan membuat mesin mereka sendiri, jadi Anda akan selalu membutuhkan mesin. Dan kemudian Anda bisa berdiskusi.

“Mesin dan kotak persneling dibuat bersama oleh pabrikan, misalnya saat Anda melihat Mercedes. Dan di situlah kami sampai pada kesimpulan bahwa masuk akal untuk memiliki seluruh powertrain mulai tahun 2022.

“Tapi kami masih melihat itu sebagai independen. Independen adalah saat Anda dapat memilih mitra yang ingin Anda ajak kerja sama.” [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
williams,
#
f1 2021,
#
formula 1 2021,
#
dorilton capital