MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Verstappen Sebut Aturan F1 2022 Tidak Bisa Hentikan Mercedes

NOV 24, 2020@15:15 WIB | 117 Views

Pembalap Red Bull F1, Max Verstappen, menepis anggapan bahwa regulasi F1 2022 dirancang untuk menghentikan dominasi Mercedes dan mengatakan mereka "perlu membuat balapan lebih menarik".

Setelah penundaan satu tahun yang disebabkan oleh pandemi, F1 akan beralih ke regulasi teknis yang serba baru pada tahun 2022 dengan mobil yang dirancang untuk meningkatkan pertunjukan melalui pengurangan downforce.

Pergeseran dari gaya turun yang terutama dihasilkan oleh permukaan mobil ke konsep yang lebih digerakkan dengan efek darat akan mengurangi turbulensi udara, yang telah mencegah pembalap untuk saling berlomba selama beberapa tahun.

Perubahan teknis bertepatan dengan pengenalan batas anggaran dan struktur uang hadiah yang lebih adil, sebagai bagian dari perombakan luas olahraga untuk menyamakan kedudukan.

Bos tim Mercedes, Toto Wolff, berpendapat beberapa perubahan dirancang untuk menghentikan dominasi timnya di era hybrid V6, Mercedes meraup 14 gelar pembalap dan konstruktor sejak 2014.

Wolff mengatakan setelah GP Emilia Romagna bahwa "segala sesuatu telah dilakukan untuk menghentikan kami", tetapi berjanji bahwa tantangan 2022 akan "memotivasi" tim Brackley untuk tetap di puncak.

Namun Verstappen, pembalap yang menjadi ancaman terbesar bagi dominasi Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, membantah klaim Wolff bahwa regulasi baru tersebut dirancang untuk menghentikan Mercedes meraih kemenangan.

Ketika ditanya tentang komentar Wolff di Turki, Verstappen mengatakan menurutnya itu adalah langkah yang perlu. "Tidak, saya pikir aturan itu hanya hasil dari pemilik baru mendengarkan tim dan pembalap," katanya.

"Mereka mendengar bahwa sangat sulit untuk menyalip dan kami ingin balapan yang lebih dekat. Misalnya, Anda bisa melihat masalah saat ini di Imola. Valtteri berkeliling dengan mobil yang tiga hingga empat persepuluh lebih lambat karena kerusakan, tetapi saya tidak bisa melewatinya.

"Meskipun saya jauh lebih cepat, Anda bisa melihatnya begitu saya berhasil menyalip. Kita harus menemukan solusi untuk itu."

Verstappen juga mengakut sedang menikmati ketidakpastian musim MotoGP 2020, yang menghasilkan 9 pemenang dari 14 balapan, dan mengatakan dia berharap aturan baru F1 akan membuat kualifikasi tidak begitu menentukan di masa depan.

"Kami membutuhkan balapan di F1 agar lebih menarik dan para pembalap bisa mengikuti mobil lain lebih dekat dan bukan kualifikasi yang menjadi faktor penentu selama balapan akhir pekan seperti sekarang," tambah pembalap asal Belanda itu.

“Lihat saja kejuaraan MotoGP. Bahkan jika Anda bukan unggulan, Anda tetap bisa memenangkan balapan. Itu jarang terjadi di Formula 1, hanya karena sangat sulit untuk mengikuti mobil lain di sebagian besar sirkuit kami.

"Saya pikir itu sebabnya peraturan baru dimulai pada 2022 dan seterusnya. Dan apakah peraturan baru itu akan memperlambat Mercedes atau tidak, Anda bahkan tidak bisa memastikannya." [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
max verstappen,
#
pembalap red bull f1,
#
aturan f1 2022,
#
regulasi f1 2022