MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Untuk Susunan Pembalap, Bos Red Bull Pertimbangkan Sang Juara Formula E

OCT 05, 2020@18:00 WIB | 344 Views

Bos tim Red Bull, Christian Horner, ingin mempertimbangkan nama juara Formula E Antonio Felix da Costa untuk masuk ke ajang Formula 1.

Da Costa promosi dari motorsport junior menjadi anggota akademi pembalap muda Red Bull, dan menyelesaikan tes F1 dengan Force India dan Red Bull antara 2010 dan 2013.

Pembalap Portugal itu finish ketiga di kejuaraan Formula Renault 3.5 pada 2013, dan diberi tahu bahwa dia akan naik ke F1 bersama Toro Rosso di tahun berikutnya, namun posisinya digantikan Daniil Kvyat yang menjuarai F3.

Sejumlah pembalap yang lulus dari jajaran junior Red Bull telah menikmati kesuksesan di disiplin lain, termasuk Jean-Eric Vergne (dua kali juara Formula E) dan Sebastien Buemi (tiga kali juara Le Mans 24 Hours).

Ditanya apakah ada pembalap yang dia sesali tidak bergabung dengan tim Red Bull F1, Horner mengaku ingin melihat apa yang bisa dicapai da Costa di F1.

"Saya pikir hal hebatnya adalah Red Bull telah memberikan kesempatan ini kepada begitu banyak orang di luar sana," kata Horner.

"Baik itu Jean-Eric Vergne, da Costa, Sebastien Buemi, mereka semua fantastis, jadi semua pembalap yang tidak akan memiliki kesempatan, itu bukan karena dukungan dan perlindungan Red Bull di awal karir mereka.

"Tapi saya rasa tidak ada penyesalan yang nyata. Mereka selalu menunjukkan potensi besar.

"Saya pikir mungkin akan menarik untuk melihat apa yang da Costa bisa lakukan dengan mobil Formula 1, tapi kesempatan itu tidak pernah benar-benar muncul dengan sendirinya."

Setelah kehilangan kursi Toro Rosso, da Costa pindah ke DTM untuk musim 2014 bersama BMW, sebelum bergabung dengan grid untuk kompetisi perdana Formula E di Amlin Aguri.

Da Costa akhirnya berpisah dengan Red Bull pada akhir 2015 setelah menjabat sebagai pembalap cadangan F1, awalnya bergabung dengan Andretti di Formula E sebelum berevolusi menjadi tim pabrikan BMW. Dia juga tampil untuk BMW di Endurance World Championship sebagai bagian dari jajaran GTE-Pro.

Peralihan ke Techeetah untuk Formula E musim 2019-20 membuat da Costa memenangkan gelar, menandai kemenangan kejuaraan besar pertamanya.

Da Costa juga finish kedua di kelas Le Mans bulan lalu, balapan untuk Jota Sport bersama Anthony Davidson dan Roberto Gonzalez di kelas LMP2. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
formula 1 2020,
#
formula 1 2021,
#
bos tim red bull,
#
christian horner,
#
juara formula e,
#
antonio felix da costa