MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Tim Renault F1 Bantu Pengembangan Alat Baru Untuk Penanggulangan Covid-19

JUN 20, 2020@14:00 WIB | 140 Views

Insinyur dari tim Renault F1 telah memainkan peran penting dalam membantu mengembangkan perangkat pelindung aerosol untuk merawat pasien virus corona.

Perangkat, yang dikenal sebagai 'Oxford Box' menambah lapisan perlindungan untuk staf kesehatan garis depan yang merawat pasien Covid-19 dengan bertindak sebagai penghalang antara pasien yang menjalani intubasi dan staf medis.

Perangkat ini telah disetujui dan akan digunakan pertama kali di empat rumah sakit: John Radcliffe, Churchill, dan Nuffield Orthopedic Centre, serta Rumah Sakit Umum Horton di Banbury.

Bianca Tingle, seorang ahli anestesi konsultan di OUH, menjelaskan mengapa alat ini menjadi terobosan signifikan dalam perawatan pasien Covid-19.

“Ini unik karena dapat dilipat, mudah disimpan - ruang merupakan komoditas berharga di rumah sakit - dan jauh lebih mudah dibersihkan daripada perangkat sejenis lainnya yang sedang dikembangkan, yang sangat membantu dalam pengendalian infeksi. Ini adalah fitur utama yang kami cari,” katanya.

“Ini menambah lapisan vital perlindungan bagi staf klinis. Penghapusan APD ('doffing') adalah saat paling berisiko bagi kami, tetapi menjaga aerosol di dalam Oxford Box akan sangat mengurangi kontaminasi kami dan area sekitarnya."

Dengan berat hanya 7kg, perangkat ini dapat dikemas dengan baik dan dirancang dengan mempertimbangkan kelestarian lingkungan.

Alat ini telah dikembangkan dengan menggunakan pemahaman lanjutan Renault tentang dinamika fluida komputasi (CFD) dan pusat Simulasi, Pengajaran, dan Penelitian Universitas Oxford. Renault menggunakan metode proses yang sama dengan yang digunakan untuk mengembangkan peningkatan aerodinamis pada mobil balap F1-nya.

"Kami memodelkan kecepatan, arah, dan aliran udara seperti yang kami lakukan di F1 dan karenanya dapat menciptakan penempatan, ukuran, dan bentuk kotak yang terbaik agar tingkat perlindungannya mendekati 100% untuk tenaga medis," kata kepala Renault CFD Paul Cusdin.

“Model-model itu rumit untuk dibangun, tetapi dengan menerapkan prinsip-prinsip yang akan kami lakukan dalam mengembangkan mobil, kami dapat meningkatkan perlindungan dan memadatkan pengembangannya dari bulan ke minggu.

“F1 sekali lagi membuktikan kapasitasnya untuk menerapkan pemikiran, teknologi, dan prosesnya dalam mempercepat bantuan yang dapat kita berikan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. Saya harap ini akan menjadi alat lain dalam perjuangan melawan Covid-19 yang sedang berlangsung.” [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
oxford box,
#
bianca tingle,
#
paul cusdin

RELATED ARTICLE