MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Sebastian Vettel Akan Pensiun Akhir Musim 2022

JUL 29, 2022@11:00 WIB | 414 Views

Juara dunia empat kali Formula 1, Sebastian Vettel, mengumumkan akan pensiun dari Formula 1 pada akhir musim 2022. Vettel adalah pembalap saat ini untuk tim Aston Martin F1 dan penggantinya belum diumumkan. Meskipun tidak meraih gelar dalam beberapa tahun terakhir, Vettel tetap menjadi salah satu pembalap tersukses dalam sejarah Formula  1.

Vettel sendiri telah meraih empat gelar juara F1, semuanya diperoleh dengan Red Bull Racing, dan dia hanya di belakang Lewis Hamilton dan Michael Schumacher untuk jumlah kemenangan. Vettel saat ini sudah meraih 53 kemenangan, sementara Hamilton memimpin dengan 103 kemenangan dan Schumacher mengakhiri karir F1-nya dengan 91 kemenangan.

"Keputusan untuk pensiun merupakan keputusan yang sulit untuk saya ambil, dan saya telah menghabiskan banyak waktu untuk memikirkannya. Di akhir tahun, saya ingin meluangkan lebih banyak waktu untuk merenung. tentang apa yang akan saya fokuskan selanjutnya—sangat jelas bagi saya bahwa, sebagai seorang ayah, saya ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga saya,” ujar Vettel.

Vettel, yang lahir di Heppenheim, Jerman, menyukai olahraga motor sejak awal karirnya di karting sebelum pindah ke Formula BMW pada tahun 2003. Di sinilah ia menunjukkan potensi nyata, meraih penghargaan tertinggi dalam debutnya dan mendominasi seri di tahun berikutnya dengan 18 dari 20 kemenangan.

Pada tahun 2005 Vettel pindah ke F3 Eropa sebelum bergabung dengan tim BMW Sauber F1 pada tahun 2006 sebagai test driver. Tahun berikutnya Vettel melakukan debut F1 dengan menggantikan Robert Kubica yang cedera di Grand Prix Amerika Serikat 2007, yang diadakan di Indianapolis Motor Speedway. Vettel menyelesaikan balapan di tempat kedelapan, membuktikan bahwa dia memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi pembalap F1 teratas.

Selama musim 2007, ia direkrut oleh Toro Rosso dan di musim berikutnya Vettel berhasil meriah kemenangan perdananya di Grand Prix Italia 2008. Pada musim 2009, Vettel direkrut oleh Red Bull dan berhasil meriah empat gelar juara F1 sampai tahun 2013. Setelah musim yang buruk pada tahun 2014, Vettel akhirnya meninggalkan Red Bull dan menyeberang ke Ferrari.

Setelah pindah, Vettel pun tidak urung mendulang kesuksesan di tim Scuderia Ferrari. Vettel akhirnya digantikan oleh Carlos Sainz pada akhir 2020 dan pada 2021 dan pindah ke tim Aston Martin. Grand Prix Abu Dhabi 2022 akan menjadi balapan terakhir Sebastian Vettel di F1. {fdlh/timBX]  berbagai sumber

Tags :

#
formula 1,
#
f1,
#
sebastian vettel,
#
red bull,
#
scuderia ferrari