MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Porsche dan Audi Bakal Jadi Unit Daya Baru di Formula 1?

JUN 30, 2021@14:30 WIB | 211 Views

Porsche dan Audi dilaporkan akan bergabung dalam pertemuan teknis pada akhir pekan ini untuk membahas masa depan unit daya Formula 1. Kedua merek yang sama-sama merupakan bagian dari Volkswagen Group, telah lama dikaitkan dengan bergabung dengan F1 sebagai produsen mesin.

Pada April lalu, CEO Porsche Oliver Blume mengatakan VW Group ‘mengikuti dari samping’ perkembangan terbaru mengenai unit daya F1, dengan peraturan baru yang akan diperkenalkan pada tahun 2025.

Sekarang mereka akan memainkan peran yang lebih menonjol dalam pembicaraan yang akan bertepatan dengan putaran kesembilan 2021, Grand Prix Austria di Red Bull Ring. Menurut kabar yang beredar, semua pemangku kepentingan mengenai mesin F1 akan terlibat dalam pertemuan tersebut.

Mereka termasuk tokoh senior dari empat pabrikan yang akan terlibat di musim 2022, yaitu ketua Daimler Ola Kallenius, CEO Renault Luca de Meo, presiden Ferrari John Elkann dan pemilik Red Bull Dietrich Mateschitz.

Kemudian ditambah lagi CEO F1 Stefano Domenicali, direktur pelaksana motorsport Ross Brawn dan presiden FIA Jean Todt.

Sementara itu, Porsche dan Audi akan diwakili oleh CEO mereka masing-masing (Blume dan Markus Duesmann).

Pembicaraan itu akan fokus untuk menentukan jalan terbaik ke depan untuk unit daya F1 dan dapat memengaruhi kemungkinan Porsche atau Audi berkomitmen untuk olahraga tersebut mulai tahun 2025.

Jika mereka melakukannya, mereka mungkin menemukan pelanggan potensial seperti Red Bull, yang telah menyiapkan operasi powertrains mereka sendiri dan siap digunakan mulai tahun depan ketika Honda menarik diri dari F1 pada akhir 2021.

Keputusan dua merek VW Group untuk menghadiri pertemuan bertentangan dengan komentar yang dibuat oleh wakil presiden Audi Fritz Enzinger tahun ini, tetapi menunjukkan minat yang lebih besar ke F1 daripada sebelumnya.

“Tentu saja kami mengikuti keputusan fundamental,” kata Enzinger saat itu. “Hanya keadaan ini harus berubah dan VW Group sedang mempertimbangkan keterlibatan dalam bentuk apa pun, masuk akal untuk berpartisipasi dalam komite terkait.”

Mengenai kemungkinan masuknya Porsche dan Audi ke Formula 1, dia menambahkan: “Saya tidak bisa berspekulasi tentang itu. Saat ini, kami hanya mengamati dari perspektif grup perusahaan.

“Hanya ketika topik berkembang ke arah yang menarik, barulah ada penilaian lebih lanjut.” [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
porsche,
#
audi,
#
f1 2021,
#
volkswagen group,
#
formula 1 2021