MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Pirelli Santai Menghadapi Kritikan Tim Haas

JAN 16, 2020@18:45 WIB | 165 Views

Kepala Pirelli F1, Mario Isola, mengatakan mudah untuk mengkritik pemasok ban tunggal. Tahun lalu Pirelli telah mendapat kritik dari Haas, namun Isola merasa belum ada hal buruk di antara kritikan-kritikan itu.

Haas mengalami masalah terus-menerus dengan ban Pirelli sepanjang musim 2019, saat balapan, masa pakai ban habis terlalu cepat atau kehilangan kinerja ketika memacu kecepatan maksimal.

Meskipun masalah itu tidak cukup jelas sampai Grand Prix Spanyol, pihak Pirelli mengatakan kritik dari tim berbasis Amerika Serikat itu tidak menjadi perdebatan bagi produsen ban asal Italia.

"Ketika Anda satu-satunya pemasok, jelas kadang-kadang mudah untuk mengkritik pemasok ban," kata Isola. “Haas mengalami musim yang sangat sulit, dan itu sangat disayangkan, karena ini adalah tim yang sangat bagus, dan ini adalah contoh dari tim swasta yang mencapai tingkat kinerja yang sangat baik, jadi semoga tahun ini mereka akan jauh lebih kompetitif.

“Saya bisa mengerti tentang sulitnya mengelola musim yang hasil terbaik tidak dapat mereka capai. Mereka menaruh banyak uang dalam olahraga, dan mereka ingin melihat hasilnya. Saya sepenuhnya mengerti apa yang terjadi. Saya banyak berbicara dengan teman saya Gunther (Steiner, kepala tim Haas).”

Isola juga mengisyaratkan teknisi Pirelli menyadari masalah kinerja ban yang Haas alami, tetapi tidak dapat menawarkan informasi baru yang penting karena akan melanggar peraturan olahraga F1.

Sebagai pemasok ban tunggal ke Formula 1, Pirelli harus memberikan data, informasi, dan dukungan yang sama untuk setiap tim bahkan jika satu tim menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi Haas.

Setiap informasi baru harus dibagikan dengan semua tim Formula 1 tetapi karena masalah yang dialami Haas, itu hanya akan menguntungkan tim yang bersangkutan.

“Kami memiliki banyak keterbatasan. Prioritas bagi kami adalah untuk menjamin sisi olahraga, jadi kami tidak dapat memberikan informasi tambahan kepada siapa pun,” jelas Isola. “Jelas bahwa semua teknisi kami yang berada di setiap tim, mereka memiliki prosedur yang ketat untuk diikuti.

“Data yang mereka berikan, laporan yang mereka berikan harus sama dalam hal kualitas dan kuantitas informasi. Jadi memberikan apa yang seharusnya disimpan akan menjadi keuntungan bagi salah satu tim di grid.

“Kami memiliki data dari semua tim. Terkadang kami melihat sesuatu, tetapi kita tidak dapat membantu siapa pun.

"Tapi Haas baik-baik saja. Mereka menganalisis apa yang terjadi, dan mereka menemukan masalahnya. Itu agak terlambat, jadi tidak mungkin untuk mengubah mobil di bagian akhir musim, juga karena mereka sudah dalam proses merancang mobil 2020.

"Semoga sekarang mereka tahu cara menggunakan ban untuk musim berikutnya, mereka akan berada di level yang lebih baik."

Tim F1 memilih untuk mempertahankan senyawa ban Pirelli spesifikasi 2019 untuk musim ini setelah menguji senyawa 2020 pada akhir tahun lalu.[Ade/Hsn/timBX]

Tags :

#
f1,
#
formula 1,
#
pirelli,
#
mario isola