MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Max Verstappen Menangi Balapan GP Kanada Yang Seru

JUN 10, 2024@10:00 WIB | 176 Views

Balapan utama F1 GP Kanada yang berlangsung Minggu (9/6/2024) atau Senin dini hari WIB menyuguhkan balapan yang seru dan penuh plot twist. Perubahan cuaca yang terjadi seolah menjadi bumbu menarik balapan selama 70 lap di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Kanada tersebut.

Dan setelah gagal naik podium di balapan sebelumnya, Max Verstappen akhirnya mengisi posisi podium teratas setelah memenangi balapan tersebut. Verstappen berhasil mengungguli dua pembalap Inggris, Lando Norris dan George Russell yang harus puas ada di podium kedua dan ketiga.

Start balapan GP Kanada berlangsung dalam kondisi cuaca hujan. Mayoritas pembalap menggunakan ban Intermediate kecuali duo Haas, Kevin Magnussen dan Nico Hulkenberg yang start menggunakan ban Full Wet.

Dan setelah balapan dimulai, strategi dua Haas menggunakan ban Wet ternyata sangat ampuh. Baik Hulkenberg dan Magnussen sama-sama mengalami kenaikan posisi yang signifikan. Bahkan Magnussen sendiri sempat mendekati posisi podium di awal lomba.

Namun seiring hujan mulai reda dan trek perlahan mengering, baik Magnussen dan Hulkenberg harus masuk pit dengan ban Intermediate karena ban Wet sudah tidak memiliki traksi bagus.

Di depan, George Russell yang start dari pole position, berusaha menjaga keunggulannya dari Max Verstappen dan Lando Norris. Sedangkan duo Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz kesulitan untuk merangsek ke depan setelah start di luar posisi 10 besar.

Pada lap 20, perubahan posisi terjadi saat Lando Norris menyalip Max Verstappen dan memanfaatkan kesalahan George Russell yang melebar untuk memimpin lomba. Namun setelahnya, Safety Car keluar setelah Logan Sargeant menabrak tembok setelah melintir di tikungan 3 dan 4 serta membuatnya gagal finis.

Saat periode Safety Car dikeluarkan, Norris sudah melewati area start finish sehingga ia baru masuk satu lap setelahnya. Pembalap lain seperti Verstappen dan Russell masuk pit tepat saat Safety Car masuk ke lintasan.

Charles Leclerc masuk pit untuk mengganti ke ban slick atau ban kering di lap 29. Namun keputusan ini ternyata tidak jitu karena lintasan belum sepenuhnya kering. Sehingga dua lap setelahnya ia masuk ke pit lagi untuk mengganti ke ban Inter.

Dan pada lap 40, Leclerc harus mengakhiri lomba lebih cepat setelah mesin mobil yang ia pakai mengalami masalah. Kesialan Ferrari berlanjut setelah Carlos Sainz, bersenggolan dengan Alex Albon di lap 52. Kedua pembalap pun sama-sama out dari GP Kanada.

Sergio Perez juga menabrak tembok di kejadian terpisah pada lap yang sama. Sayap belakang mobilnya mengalami kerusakan dan gagal finis. Dua insiden ini membuat Safety Car kembali turun ke lintasan.

Di momen ini, para pembalap masuk ke pit untuk berganti ke ban slick atau kering. Setelah Safety Car masuk ke pit dan balapan dilanjutkan, terdapat beberapa duel seru. Diantaranya seperti duel sesama pembalap Mercedes, George Russell dan Lewis Hamilton untuk memperebutkan podium ketiga.

Dan di depan, Max Verstappen keluar sebagai pemenang GP Kanada disusul Lando Norris dan George Russell yang meraih podium kedua dan tiga. Lewis Hamilton finis keempat dan mendapat bonu satu poin berkat raihan Fastest Lap.

Dibelakangnya ada Oscar Piastri dan Fernando Alonso yang finis nomor lima dan enam. Melengkapi posisi sepuluh besar ada Lance Stroll, Daniel Ricciardo, dan duo Alpine, Pierre Gasly dan Esteban Ocon.

Max Verstappen masih ada di puncak klasmen dengan raihan 194 poin. Ia menjauh dari kejaran Charles Leclerc yang masih tertahan dengan raihan 138 poin. Lando Norris mendekat ke Leclerc dengan raihan 131 poin.

Balapan F1 selanjutnya akan digelar di Circuit de Barcelona-Catalunya dalam gelaran GP Spanyol. Seri GP Spanyol sendiri akan berlangsung pada 21 hingga 23 Juni mendatang. [edo/timBX]

Tags :

#
f1,
#
max verstappen,
#
gp kanada,
#
red bull,
#
balap mobil,
#
gilles villeneuve,
#
montreal

X