MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Lewis Hamilton Tuntut Perbaikan Pada Mobil W10

JAN 07, 2020@19:40 WIB | 121 Views

Lewis Hamilton yakin ada hal mendasar yang dapat diperbaiki Mercedes pada mobil W10 yang dianggap kurang sempurna.

Pebalap asal Inggris itu menikmati lebih banyak kesuksesan ketika mengalahkan Valtteri Bottas pada 2019, meraih gelar keenamnya sekaligus mendekati rekor milik Michael Schumacher.

Tetapi Hamilton menegaskan bahwa masih ada area yang perlu diperbaiki setelah mobil W10 terbukti memiliki kecepatan namun juga memiliki sulit untuk dikendarai, terutama selama kualifikasi.

"Itu adalah mobil yang lebih baik daripada tahun lalu (2018)," kata Hamilton.

“Banyak hal yang saya minta dalam briefing dengan para insinyur tahun lalu tentang mobil 2019. Memang ada perubahan besar pada aerodinamika dan dinamika sepanjang musim.

“Tapi masih ada hal mendasar di mobil yang belum sempurna. Misalnya karakteristik saat terkena gundukan atau trotoar.

“Ketika saya melihat rekaman kamera on-board dari Ferrari ketika (Sebastian) Vettel mengemudikannya, mobilnya jauh lebih tenang. Bagi saya, mobil itu bergerak sangat keras sehingga terkadang saya hampir tidak bisa melihat trotoar.

"Kami lebih kuat ketika Anda melihat aspek lain. Menjadi lebih sulit untuk memahami ban karena ada begitu banyak yang terlibat.”

Hamilton mengklaim 10 kemenangan, ia hanya bisa mencetak 5 pole position sepanjang musim. Namun Hamilton menganggap rekor kualifikasi yang lebih lemah pada 2019 adalah hasil dari W10 lebih sulit untuk dikemudikan.

Saat ditanya berapa lama yang diperlukan untuk memahami konsep Mercedes W10, Hamilton menjawab, “Terbilang cepat saat balapan, terutama di Bahrain. Tapi saat saya merasa paham dengan mobilnya, ada perubahan mendadak yang memang jadi kesulitan tersendiri.”

Kemudian melihat peluang untuk mempertahankan gelar juara dunia pada 2020, mantan pebalap muda Ferrari itupun menganggap akan ada kesulitan yang lebih besar karena banyaknya pebalap muda yang memiliki bakat juara di masa depan.

“Saya kira untuk mempertahankan gelar adalah yang paling sulit, secara individu,” ungkapnya. “Kita bisa melihat beberapa pebalap promosi dan muda yang mengubah susunan klasemen.

“Jujur saja, 2019 ada musim yang cukup mengejutkan bagi saya.”[Ade/Hsn/timBX]

Tags :

#
f1,
#
formula 1,
#
lewis hamilton,
#
mercedes,
#
mobil w10