MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Kualifikasi Seru Dan Ketat, George Russell Rebut Pole Position GP Kanada

JUN 09, 2024@10:30 WIB | 171 Views

Kualifikasi F1 GP Kanada yang berlangsung Sabtu (8/6/2024) waktu setempat atau Minggu dini hari WIB menghadirkan persaingan yang seru dan ketat. Pembalap Mercedes, George Russell berhasil merebut pole position dan berhak start terdepan di balapan Senin dini hari WIB tersebut.

George Russell berhasil mengalahkan Max Verstappen meski sama-sama mencatatkan waktu tercepat yang sama persis. Namun karena Russell mencatat waktu tercepat terlebih dahulu dibanding Verstappen, membuat dirinyalah yang berhak start di posisi terdepan.

Kualifikasi F1 GP Kanada sendiri sudah punya kejutan sejak segmen pertama alias Q1. Di segmen ini, pembalap Red Bull, Sergio Perez harus tersingkir karena hanya bisa menempati posisi 16. Dilain sisi, rekan setimnya, Max Verstappen menjadi yang tercepat di segmen pertama kualifikasi ini.

Selain Perez, empat pembalap dengan catatan waktu terlambat juga tereliminasi di segmen Q1 ini. Mereka adalah Valtteri Bottas, Esteban Ocon, Nico Hulkenberg dan Zhou Guanyu yang akan start dari posisi 17 hingga 20 pada balapan dini hari nanti.

Lanjut ke segmen Q2 dimana ada kejutan besar yang terjadi. Yap, duo pembalap Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz sama-sama tersingkir di segmen kedua kualifikasi ini. Leclerc hanya berhasil meraih posisi 11, sedangkan Sainz ada satu posisi dibawah rekan setimnya tersebut alias di posisi 12.

Selain duo Ferrari tersebut, tiga pembalap lainnya dengan catatan waktu terlambat di segmen Q2 juga harus tereliminasi. Mereka adalah Logan Sargeant, Kevin Magnussen dan Pierre Gasly yang akan start dari posisi 13 hingga 15.

Lanjut ke segmen penentuan alias Q3, persaingan untuk bisa meraih posisi start terbaik semakin seru dan menegangkan. George Russell berhasil mencatatkan waktu lap 1 menit, 12,000 detik. Dan beberapa saat setelahnya, Max Verstappen mencatat waktu lap yang sama persis dengan George Russell.

Namun karena Russell mencatatkan waktu terlebih dahulu, maka pembalap Mercedes ini yang berhak start dari pole position. Sedangkan Max Verstappen akan start dari posisi kedua pada balapan di Sikrkuit Gilles Villeneuve ini.

Duo Mclaren, Lando Norris dan Oscar Piastri akan mengisi baris kedua alias posisi start nomor tiga dan empat. Pembalap tim RB, Daniel Ricciardo berhasil tampil luar biasa dengan menemepati posisi kelima didepan pembalap Aston Martin, Fernando Alonso yang start nomor enam.

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton yang musim depan akan pindah ke tim Ferrari, meraih posisi tujuh didepan pembalap RB, Yuki Tsunoda di nomor delapan. Lance Stroll (Aston Martin) akan start diposisi sembilan di depan Alex Albon (Williams) yang kembali berhasil masuk ke segmen Q3 di GP Kanada ini. [edo/timBX]

Tags :

#
f1,
#
kualifikasi,
#
gp kanada,
#
george russell,
#
mercedes,
#
gilles villeneuve

X