MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Penalti Hamilton Di Spa 2008 Berbeda Dengan Vettel Di Canada 2019

JUN 11, 2019@14:00 WIB | 1,056 Views

Lewis Hamilton menolak membandingkan antara penalti Sebastian Vettel yang menyebabkan dirinya menang Grand Prix Canada dengan sanksi penaltinya di Spa 11 tahun yang lalu, dan menyebut insiden itu "sangat berbeda".

Hamilton meraih kemenangan kelima tahun ini di Montreal pada hari Minggu kemarin setelah Vettel - terdepan di balapan - terdegradasi ke tempat kedua karena penalti yang disebabkan caranya kembali ke lintasan setelah tergelincir, tidak aman saat dirinya mencoba mempertahankan keunggulan dari Hamilton.

Itu adalah pertama kalinya pembalap kehilangan kemenangan dengan cara seperti itu sejak Grand Prix Belgia 2008, ketika Hamilton diberi penalti waktu setelah balapan karena mendapatkan keuntungan di luar lintasan selama pertarungannya dengan Kimi Raikkonen, menjatuhkannya ke posisi kedua.

Namun, Hamilton menolak perbandingan seperti itu ketika berbicara di jumpa pers pasca balapan, mengatakan ia diberitahu bahwa ia masih berada dalam batas aturan ketika melawan Raikkonen di Spa. "Saya pikir Anda tidak perlu menghubungkannya dengan 2008, karena pada 2008 saya membuat kesalahan," kata Hamilton.

“Jelas saya menyalip seseorang di keluar jalur dan kemudian harus membiarkan mereka lewat kembali dan kemudian menyusul mereka lagi tetapi saat itu, tim saya bertanya kepada Charlie [Whiting, direktur balapan] apakah manuver saya baik-baik saja. Charlie kembali dan mengatakan itu baik-baik saja, tetapi jika dia kembali dan memberi tahu kami pada saat itu bahwa itu tidak apa-apa, aku akan membiarkan Kimi kembali dan menyusulnya lagi.

"Tapi sisa balapan setelah itu gila, kamu tahu. Saya melebar, dia menyusul saya dan kemudian dia spin dan kemudian saya menyusulnya lagi dan kemudian dia tabrakan dan kemudian saya memenangkan balapan - dan saya masih mendapatkan hukuman pada akhirnya.

“Jadi itu sangat berbeda, tetapi saya benar-benar mengerti bagaimana rasanya kalah dalam balapan. Ini jelas bukan cara yang Anda inginkan untuk memenangkan sebuah perlombaan.

"Ini bukan cara Anda ingin kehilangan balapan juga, terutama ketika Anda telah membalap dengan sangat baik." Kemenangan untuk Hamilton memungkinkan dia untuk memperpanjang keunggulannya di klasemen pembalap F1 menjadi 29 poin di atas rekan setimnya Valtteri Bottas, di Mercedes yang finish keempat di GP Canada. [bil/timBX]

Tags :

#
f1,
#
formula 1,
#
lewis hamilton,
#
sebastian vettel,
#
mercedes,
#
ferrari,
#
2008 belgian grand prix,
#
2019 canadian grand prix,
#
fia,
#
penalti