MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Honda Tegaskan Komitmen Kerja Sama dengan Red Bull-Toro Rosso Hingga 2021

NOV 29, 2019@15:00 WIB | 289 Views

Honda menegaskan komitmen untuk bertahan di Formula 1 hingga musim 2021 setelah memperpanjang kesepakatan dengan Red Bull dan Toro Rosso untuk satu tahun lagi.

Seperti yang dikabarkan awal pekan ini, Honda harus memangkas pengeluarannya untuk mengamankan masa depan pada program Formula 1.

Namun sebelum membuat keputusan terakhir, mereka sedang menunggu publikasi resmi berbagai peraturan baru F1 untuk 2021, sehingga dapat mulai mengevaluasi jumlah biaya yang menjadi bagian dari siklus aturan berikutnya.

Komitmen Honda untuk F1 masih belum diklarifikasi untuk jangka panjang, tetapi mereka telah menegaskan akan terus bermitra dengan Red Bull dan Toro Rosso sampai musim 2021.

Dalam sebuah wawancara dengan ServusTV, penasihat motorsport Red Bull, Dr Helmut Marko, mengatakan kesediaan Honda untuk terus bekerja sama sebagai bantuan besar.

“Kerja sama ini sangat bagus dan meyakinkan,” kata Dr Helmut Marko. “Sejak Honda bersama kami, kami merasa sangat terbantu untuk capai tujuan [kami] di F1.”

Honda bergabung dengan Toro Rosso pada 2018 setelah menjalani tiga musim yang buruk dengan McLaren, ketika bermasalah dengan kinerja dan keandalan. Namun, Honda berhasil bangkit sekaligus membangun reputasi positif dengan Toro Rosso dan dengan demikian meyakinkan Red Bull untuk beralih dari Renault pada 2019, dalam kesepakatan berdurasi dua tahun.

Bermitra dengan Red Bull menjadikan Honda pemenang balapan di F1 ketika Max Verstappen mengakhiri penantian selama 13 tahun di Grand Prix Austria.

Sejak itu, Verstappen mencetak dua kemenangan lebih lanjut dan Honda baru-baru ini menorehkan finis satu-dua untuk pertama kalinya dalam 28 tahun di Grand Prix Brasil, dan Verstappen menjadi pemenang sementara Pierre Gasly finis kedua dengan mengemudikan mobil Toro Rosso.

"Sangat positif dengan mendapatkan hasil yang baik," kata direktur pelaksana Honda F1, Masashi Yamamoto. "Tapi yang lebih penting adalah keseimbangan dengan biaya operasional untuk program kami.”

"Kami harus mengeluarkan banyak anggaran untuk mempercepat pengembangan kami demi mengejar tim-tim unggulan. Dan sekarang kami berencana untuk mempertahankan kondisi saat ini dan mengurangi biaya pada saat yang sama."[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
f1,
#
honda,
#
red bull