MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Honda Ingin Selamatkan Mesin Mobil Max Verstappen Saat Mengalami Kecelakaan

JUL 21, 2021@15:00 WIB | 87 Views

Honda yakin kerusakan pada unit daya Max Verstappen ‘kurang dari yang pertama kali dilihat’ setelah kecelakaan di Grand Prix F1 Inggris pada Minggu, 18 Juli 2021 kemarin.

Verstappen dan Lewis Hamilton bertabrakan dengan kecepatan tinggi pada putaran pertama balapan dengan mobil Red Bull menabrak pembatas di Copse, membuat driver Belanda itu dilarikan ke rumah sakit. Setelah jalani pemeriksaan, dia keluar pada Minggu malam.

Foto-foto mobil menunjukkan seberapa banyak kerusakan yang dialami RB16B milik Verstappen, dengan puing-puingnya yang dikeluarkan dari lintasan.

Tetapi Honda optimis unit daya masih dapat diselamatkan jika prediksi mereka benar, meskipun harus melakukan analisa mendalam untuk memutuskan apakah menggunakan mesin tersebut di balapan berikutnya atau tidak.

“Saat pertama kali melihat gambar mobil itu, saya pikir banyak sekali kerusakannya,” kata Toyoharu Tanabe selaku Technical Director Honda F1. “Tampaknya kerusakannya kurang dari apa yang pertama kali kita lihat. Namun kerusakan sebenarnya tidak bisa diketahui dari tampilannya.

“Jadi kami ingin mengirimkannya kembali ke HRD (Honda Research and Development) di Sakura dan memeriksanya sebelum mengambil keputusan. Sejujurnya saya tidak tahu karena kerusakan asli bisa bervariasi”, lanjut Toyoharu Tanabe.

Dampaknya membuat Verstappen terguncang dan setiap kerusakan berikutnya pada unit daya akan memiliki konsekuensi untuk musim depan. Jika mereka menghapus unit daya ini, akan ada implikasi pembatasan biaya dengan harus menempatkan lebih banyak sumber daya untuk mendanai pengembangan yang baru.

Mantan rekan setim Verstappen, Alex Albon, mengatakan setiap kerusakan tidak hanya berdampak pada ambisi juara, tetapi juga kehilangan mesin andalan dapat berdampak untuk sisa musim ini.

“Sekarang Lewis lebih dekat dengan Max dalam perebutan gelar, dan Red Bull mengalami penurunan dengan semua komponen seperti menekan tombol restart,” katanya dalam program analisis pasca-balapan di formula1.com. “Itu benar-benar menempatkan Max dalam situasi buruk.”[dhe/shf/timBX]

Tags :

#
f1,
#
formula 1,
#
honda,
#
max verstappen,
#
kecelakaan max verstappen,
#
grand prix f1 inggris