MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Ferrari Tuntut Tim Penyebab Kecelakaan di Formula 1 Untuk Membayar Kerusakan

AUG 03, 2021@15:00 WIB | 171 Views

Ferrari ingin Formula 1 mempertimbangkan untuk meminta tim membayar perbaikan mobil pesaing jika driver mereka dinyatakan bersalah sebagai penyebab kecelakaan.

Di tengah seruan dari Red Bull untuk memikirkan kembali tentang peraturan batas biaya F1 setelah tagihan kerusakan besar yang dihadapinya dalam dua balapan terakhir, kepala tim Ferrari Mattia Binotto telah mengusulkan ide ‘radikal’. Dengan driver Ferrari, Charles Leclerc, disingkirkan oleh Lance Stroll di tikungan pertama Grand Prix F1 Hungaria, Binotto mengatakan situasinya perlu dicermati.

Dan sementara dia tidak yakin tunjangan cap biaya tambahan untuk perbaikan adalah jalan yang tepat, Binotto berpikir bahwa tim driver yang terbukti bersalah dalam kecelakaan dapat dipaksa untuk membayar kerusakan yang mereka timbulkan untuk tim pesaing.

“Saya pikir ada nilai untuk diskusi dalam waktu dekat dengan prinsipal tim lain, FIA dan F1,” kata Binotto. “Tentu jika driver tidak bersalah, memiliki kerusakan seperti itu di batas anggaran adalah sesuatu yang lebih merupakan konsekuensi sekarang ini.

“Haruskah kita menambahkan pengecualian? Saya tidak yakin itu adalah solusinya. Tetapi saya pikir apa yang dapat kami pertimbangkan adalah jika seorang driver salah, timnya harus membayar setidaknya kepada tim lain untuk kerusakan dan perbaikan. Itu akan membuat driver lebih bertanggung jawab.”

Komentar Binotto datang setelah tim Red Bull menghadapi perbaikan kecelakaan yang mahal untuk balapan kedua. Dalam dua minggu, Red Bull harus membayar tagihan 1,8 juta US Dollar setelah kecelakaan di Grand Prix Inggris yang melibatkan Max Verstappen dan Lewis Hamilton, yang berlanjut di Hungaroring.

Valtteri Bottas yang tidak terkendali mengalami masalah di tikungan pertama yang membuat mobil duo Red Bull (Verstappen dan Sergio Perez) mengalami kerusakan parah.

Sementara Verstappen mampu melanjutkan balapan dan finish dengan poin, Perez terpaksa berhenti karena potensi kerusakan mesin. Bos tim Red Bull Christian Horner merasa tidak ada keadilan karena timnya harus membayar kerusakan yang hampir mencapai batas anggaran 145 juta US Dollar. Dia ingin FIA menyelidiki masalah ini dan mencoba menemukan cara agar tim tidak dihukum secara finansial ketika kecelakaan yang bukan karena kesalahan mereka.

“Ini sangat merugikan,” kata Horner. “Saya pikir itu menegaskan kembali bahwa ketika Anda mengalami insiden yang bukan disebabkan oleh kesalahan Anda, tidak layak jika Anda membayar semuanya. Itu adalah sesuatu yang perlu dilihat secara lebih rinci oleh FIA”, tambahnya.[dhe/shf/timBX]

Tags :

#
f1,
#
formula 1,
#
ferrari,
#
kecelakaan di formula 1,
#
grand prix f1 hungaria,
#
ferrari tuntut tim penyebab kecelakaan