MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Ferrari Luncurkan SF90 untuk Hadapi Musim Balap 2019

FEB 19, 2019@08:00 WIB | 669 Views

Tim Scuderia Ferrari telah meluncurkan mobil yang diharapkan akan membawa satu atau dua gelar kembali ke Maranello pada musim 2019 mendatang. Mobil ini diberi nama SF90 dan diluncurkan di markas besarnya, Maranello, Italia.

Ferrari mengalami musim terbaik pada era turbo-hybrid musim lalu dengan berhasil menduduki posisi kedua di klasemen konstruktor. Ferrari berharap dengan mobil baru itu, mereka bisa mengambalikan kejayaan tim yang bermarkas di Maranello itu tahun ini.

Seperti diketahui, Ferrari terakhir kali merebut trofi juara dunia konstruktor pada musim 2008, sedangkan pebalap Ferrari yang terakhir mendapatkan gelar juara dunia adalah Kimi Raikonnen dimusim 2007.

Dengan susunan pebalap baru yakni Sebastian Vettel dan Charles Leclerc, ditambah Kepala Tim baru Mattia Binotto yang telah menggantikan Maurizio Arivabene, diharapkan bisa membawa duo pebalap pabrikan asal Italia tersebut, bersaing merebut gelar di ajang jet darat tahun ini.

Ferrari SF90 ini menampilkan beberapa perubahan pada liveri terbarunya lewat laburan cat matte untuk pertama kalinya dalam sejarah Ferrari, yang mengikuti tren di F1 yang dimulai oleh Red Bull dua tahun lalu. Branding 'Mission Winnow' kembali tersemat di beberapa bagian mobil SF90, namun kini tak lagi mengusung warna putih melainkan hitam.

Mobil baru, yang disebut SF90 ini menampilkan desain sayap depan yang radikal untuk memenuhi regulasi baru pada musim ini. Tujuannya adalah untuk memungkinkan jarak antara pebalap menjadi lebih dekat, sehingga mengurangi turbulensi yang dialami oleh mobil yang berjalan di belakang.

Flap sayap belakang dibuat lebih miring ke bawah dengan maksud menyalurkan udara dengan cara yang lebih halus untuk memaksimalkan aerodinamis dan mengurangi kerugian waktu yang disebabkan oleh regulasi baru.

Kepala Tim Scuderia Ferrari, Mattia Binnotoo mengatakan, “Mobil itu adalah pengembangan dari mobil tahun lalu. Jadi bukan revolusi, tetapi tim telah mencoba untuk meningkatkan standar, berusaha untuk menjadi lebih baik seperti yang kita bisa”.

Mobil itu dijadwalkan akan mengaspal untuk pertama kalinya dalam tes pramusim di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol.[wan/timBX]

Tags :

#
ferrari,
#
sf90,
#
formula one,
#
grand prix