MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Ditinggal Honda, Red Bull dan AlphaTauri Komitmen di Formula 1

OCT 05, 2020@14:00 WIB | 224 Views

Red Bull dan AlphaTauri tetap berkomitmen pada Formula 1 meski Honda memutuskan mundur dari kejuaraan pada akhir musim 2021.

Honda mengumumkan pada hari Jumat (2/10/2020) bahwa mereka akan menyelesaikan program F1 pada akhir musim depan untuk memfokuskan sumber dayanya di tempat lain, meninggalkan Red Bull dan AlphaTauri untuk mencari mitra unit daya baru untuk tahun 2022 dan seterusnya.

Berita hengkangnya Honda terjadi beberapa minggu setelah kedua tim menandatangani Concorde Agreement yang baru, yang mengikat mereka untuk masa depan.

Honda telah menyatakan bahwa mereka mengkomunikasikan pemikirannya kepada Red Bull pada bulan Agustus, dan membuat keputusan terakhirnya pada September, dengan kata lain beberapa saat setelah Concorde ditandatangani, dan pada saat kedua tim masih percaya bahwa masa depan mereka terkait. ke Honda.

Tim-tim telah berada dalam posisi yang sulit sehubungan dengan pasokan: Mercedes sudah memiliki tiga mitra di Williams, McLaren dan Aston Martin yang telah diubah, sementara hubungan Red Bull dengan Renault terurai sebelum pindah ke Honda, dan membentuk reuni akan menjadi tantangan. Kemudian Ferrari yang sudah memiliki dua mitra, saat ini sedang dalam situasi buruk.

Bos tim Red Bull (Christian Horner) mengatakan dia menghormati keputusan Honda, tetapi tim tetap "berkomitmen untuk olahraga dalam jangka panjang" dan akan mencari kemitraan pengganti.

"Sebagai tim kami memahami betapa sulitnya bagi Honda Motor Company untuk mengambil keputusan mundur dari F1 pada akhir musim 2021," kata Horner. "Pergeseran fokus dalam industri otomotif telah menyebabkan keputusan Honda untuk mengerahkan kembali sumber daya mereka dan kami memahami serta menghormati alasan di balik ini.

"Keputusan mereka menghadirkan tantangan yang jelas bagi kami sebagai tim, tetapi kami telah berada di sini sebelumnya dan dengan kekuatan yang mendalam, kami dipersiapkan dengan baik dan diperlengkapi untuk merespons secara efektif, seperti yang telah kami buktikan di masa lalu.

"Meskipun kami kecewa tidak melanjutkan kemitraan dengan Honda, kami sangat bangga atas kesuksesan bersama kami, memberikan lima kemenangan dan 15 podium untuk kedua tim milik Red Bull dan kami berterima kasih kepada semua orang di Honda atas upaya dan komitmen luar biasa mereka.”

Horner juga mengatakan tim akan meluangkan waktu untuk mencari mesin baru: "Sebagai penandatangan Concorde Agreement terbaru F1, Red Bull Racing tetap berkomitmen untuk olahraga ini dalam jangka panjang dan kami berharap untuk memulai era baru dengan inovasi, pengembangan dan keberhasilan.

"Sebagai sebuah kelompok, kami sekarang akan meluangkan waktu yang diberikan untuk mengevaluasi lebih lanjut dan menemukan solusi unit daya paling kompetitif untuk tahun 2022 dan seterusnya."

Bos AlphaTauri (Franz Tost) menambahkan bahwa keputusan Honda untuk mundur "sangat disayangkan".

Scuderia AlphaTauri dan Honda telah membangun hubungan yang sangat baik dan profesional sejak kami mulai bekerja sama pada 2018,” kata pria Austria tersebut.

“Sangat disayangkan Honda telah memutuskan untuk menghentikan komitmen mereka di F1, karena performa unit tenaga mereka terus meningkat secara dramatis dan menjadi salah satu mesin terbaik di grid dalam waktu singkat.

"Kami ingin berterima kasih kepada Honda atas kerja sama yang bermanfaat, kami sangat menikmati setiap hari kami bekerja sama.” [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
honda f1,
#
red bull,
#
alphatauri,
#
formula 1 2020