MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Ditinggal Alfa Romeo, Sauber Kerja Sama Dengan Audi Mulai Musim 2026

OCT 27, 2022@14:00 WIB | 236 Views

Audi secara resmi akan bekerja sama dengan Sauber di ajang F1 mulai musim 2026 dan seterusnya.

Sauber saat ini bekerja sama dengan Alfa Romeo di F1, tetapi Alfa Romeo pada bulan Agustus lalu mengumumkan kerjasama ini akan berakhir setelah musim 2023. Alfa Romeo belum memutuskan apakah mereka akan berhenti dari F1.

Kesepakatan Audi dengan Sauber akan jauh lebih substansial daripada sponsor utama dan pengaturan kemitraan teknis seperti Alfa Romeo.

Sauber akan menjadi tim pabrikan resmi Audi, dan menjalankan unit daya yang akan dipasok oleh Audi. Audi juga akan membeli saham di Sauber.

Unit daya sedang dikembangkan untuk memenuhi peraturan baru yang berfokus pada keberlanjutan yang akan diperkenalkan pada tahun 2026, dengan pekerjaan pengembangan berlangsung di fasilitas Audi Sport di Jerman. 

Sauber akan bertanggung jawab atas pengembangan dan produksi mobil F1 Audi, di markasnya di Hinwil, Swiss. Sauber juga akan bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan operasi balapan.

Rekan Audi dari Volkswagen Group, Porsche, juga tertarik untuk memasuki F1 dengan unit daya sendiri. Porsche sedang dalam negosiasi dengan Red Bull Racing, meskipun akhirnya kesepakatan ini batal. FIA pekan lalu mengkonfirmasi bahwa Porsche masih dalam pembicaraan dengan tim F1 lainnya.

Unit daya F1 di bawah peraturan baru akan tetap menggunakan format hybrid V-6 turbo 1.6 liter, namun setiap pabrikan harus menggunakan bahan bakar 100% berkelanjutan dan menampilkan peningkatan daya dari sisi listrik. [fdlh/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
formula 1,
#
f1,
#
alfa romeo,
#
audi,
#
sauber,
#
porsche