MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Demi WEC 2023, Ferrari Mulai Program Le Mans Hypercar

FEB 26, 2021@09:00 WIB | 351 Views

Ferrari telah mengumumkan dimulainya program Le Mans Hypercar (LMH) per tahun 2023 yang akan membuat mereka memasuki kelas utama baru dari World Endurance Championship.

Dalam pengumuman resmi, raksasa Italia tersebut mengkonfirmasi bahwa "setelah periode studi dan analisis", mereka telah "memulai pengembangan mobil LMH baru dalam beberapa pekan terakhir, masuk ke fase desain dan simulasi".

Mereka menambahkan bahwa program pengujian trek, nama mobil, dan pengemudi yang akan menjadi kru resmi, akan menjadi bagian dari pengumuman di masa mendatang.

Kembalinya Ferrari ke kategori balap mobil sport paling bergengsi, terjadi 50 tahun setelah partisipasi resmi terakhir mereka di divisi teratas FIA World Endurance Championship.

Di kelas LMH juga, mereka "secara proaktif membantu membangun" dalam pembicaraan yang juga melibatkan Toyota, Aston Martin, McLaren dan Ford.

Nama lain yang telah dikaitkan dengan proyek dengan berbagai tanggal start yang dilaporkan adalah Peugeot, Alpine, Porsche, Audi, Glickenhaus dan ByKolles.

Presiden Ferrari, John Elkann, berkata: “Selama lebih dari 70 tahun balapan, di trek di seluruh dunia, kami memimpin mobil roda tertutup kami menuju kemenangan dengan mengeksplorasi solusi teknologi mutakhir, dengan inovasi yang muncul dari trek dan membuat setiap mobil jalan raya diproduksi di Maranello menjadi luar biasa.

"Dengan program Le Mans Hypercar yang baru, Ferrari kembali menegaskan komitmen dan tekad olahraganya untuk menjadi protagonis dalam acara motorsport utama secara global."

Ferrari memiliki sejarah panjang dan luar biasa dalam balap ketahanan dan di Le Mans. Mereka telah memenangkan Le Mans sembilan kali secara langsung, terakhir pada tahun 1965 sebagai bagian dari pertarungan Ford vs Ferrari yang menjadi latar belakang film keluaran 2019 yang dibintangi oleh Matt Damon.

Presiden FIA sekaligus mantan kepala tim FerrariF1, Jean Todt, mengatakan: “Pengumuman komitmen Ferrari pada FIA World Endurance Championship dengan masuknya Le Mans Hypercar dari tahun 2023 adalah berita bagus bagi FIA, ACO (Automobile Club de l'Ouest) dan dunia motorsport yang lebih luas.

“Saya percaya pada konsep Hypercar yang relevan di jalan raya yang bersaing di FIA WEC dan pada 24 Hours of Le Mans. Saya sangat menantikan untuk melihat merek legendaris ini mengambil alih proyek ambisius tersebut. "

Balapan pertama yang melibatkan LMH dijadwalkan menjadi 8 Hours of Portimao pada 4 April di Algarve International Circuit, yang sebulan kemudian akan menjadi tuan rumah Grand Prix F1 Portugal. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
demi wec 2023,
#
f1 2021,
#
ferrari,
#
le mans hypercar,
#
world endurance championship