MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Demi Tambahan Dana, McLaren Bakal Jual Saham Tim F1

JUN 21, 2020@15:00 WIB | 272 Views

McLaren sedang mempertimbangkan untuk menjual saham hingga 30% di tim Formula 1-nya saat berusaha mengumpulkan dana tambahan untuk meningkatkan tingkat daya saingnya.

McLaren Group sedang mencari dana tambahan dalam beberapa bulan terakhir yang telah terdampak oleh krisis Covid-19 dan mengakibatkan staf cuti.

Namun sebuah sumber telah mengkonfirmasi bahwa rencana penjualan, pertama kali diungkapkan oleh Sky News, hanya melibatkan saham di McLaren Racing, yang juga mencakup tim Indy dan juga F1.

McLaren melihat pengenalan batas anggaran $ 145 juta pada tahun 2021 sebagai kesempatan untuk berada di level yang sama dengan tiga besar saat ini.

Karena itu, sangat penting untuk memiliki dana yang akan memungkinkan tim berada dalam posisi untuk membelanjakan hingga batas tersebut - terutama pada tahun 2021 ketika mobil generasi baru sedang dikembangkan - dan dengan demikian memiliki peluang terbaik untuk mendaki pesanan.

Saat ini McLaren Racing memiliki pemegang saham yang sama dengan induknya, sehingga penjualan saham di tim akan melibatkan beberapa bentuk restrukturisasi.

Sekitar 56% dari McLaren Group dimiliki oleh Mumtalakat Holding Company Bahrain, 14% oleh Mansour Ojjeh dan 10% oleh Michael Latifi, dengan sisa 20% pemisahan antara pemegang saham minoritas.

Latifi telah dikaitkan dengan investasi di Williams, setelah menyetujui pinjaman dengan tim Grove dan itu masih harus dilihat apakah akan ada dampak pada keterlibatan jangka panjangnya di McLaren.

Bulan lalu McLaren Group mengumumkan rencana untuk memangkas level kepegawaian, dengan tim balap diharapkan akan dipangkas 70 orang.

Mengenai pencariannya yang lebih luas untuk pendanaan, perusahaan induk juga mencatat bahwa “saat ini sedang mencari sejumlah alternatif pembiayaan potensial, aman dan tidak aman, hingga £ 275 juta setara untuk memperkuat posisi likuiditasnya. Pembaruan akan diberikan secepat mungkin secara wajar".

Diketahui juga kondisi McLaren di ajang Formula 1 sedang mengalami peningkatan dalam beberapa musim terakhir, hal yang membuat nilai saham melonjak dan bisa menjadi acuan bagaimana grup ini bisa menghasilkan banyak hal positif. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
mclaren,
#
saham mclaren,
#
f1,
#
mclaren group