MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Charles Leclerc Banyak Belajar Dari Vettel

JAN 15, 2020@16:15 WIB | 139 Views

Charles Leclerc mengatakan bidang utama yang ia pelajari dari Sebastian Vettel adalah kedalaman dan wawasan umpan balik tentang mobil.

Setelah menjalani musim keduanya di Formula 1 bersama Ferrari, Leclerc menjadi yang terbaik dari semua pembalap muda di grid dan menjadi rekan sekaligus pesaing Vettel yang sangat potensial.

Saat musim pertama mereka bersama berkembang, termasuk flashpoint di jalur Grand Prix Brasil ketika keduanya bertabrakan, Leclerc merasa ia mampu meningkatkan banyak bidang menjadi rekan dari Vettel.

Menurut Leclerc, poin pertama yang dia pelajari dari Vettel adalah umpan baliknya kepada para insinyur ketika mencoba mengembangkan dan menyesuaikan mobil Ferrari dengan kebutuhannya dan juga bertujuan untuk mengekstraksi kinerja yang lebih baik.

“Saya belajar banyak, dia sangat profesional dan masuk ke banyak detail dan Seb (Vettel) juga orang yang sangat baik sehingga kerjasama yang dilakukan berjalan lancar,” kata Leclerc. "Jelas kami memiliki momen untuk belajar bersama di lintasan dan semoga tidak ada lagi yang terjadi seperti di Brasil.

“Saya pikir kami sudah cukup dewasa untuk keluar dari mobil dan bekerja bersama, dan mencoba mengembangkan mobil dengan cara yang benar.

“Saya pikir cara dia bekerja dengan tim dan insinyur, itu memberikan banyak pelajaran penting dan saya masih harus terus belajar. Dia akan membahas banyak detail dan hal-hal yang saya pikir tidak akan membantu para insinyur, dia akan mengatakan apa pun.

“Kadang-kadang saya hanya akan mendengarkan selama satu jam untuk mendengar apa yang dia katakan tentang sebuah sesi, dan itu sangat menarik."

Leclerc kemudian mengalahkan Vettel di klasemen 2019 ketika mengambil tempat keempat. Leclerc juga memastikan dua kemenangan ditambah tujuh pole position.

Pebalap berusia 22 tahun itu telah diberi hadiah kontrak baru oleh Ferrari yang membuatnya di tim Scuderia hingga 2024, sementara kontrak Vettel yang berjalan bakal habis pada akhir musim ini.

Dan mengenai kesepakatan tersebut, Leclerc menambahkan, “Sangat luar biasa dengan kepercayaan yang diberikan Ferrari. Ini akan menjadi motivasi dan tentunya, saya ingin menjawab kepercayaan ini.”[Ade/Hsn/timBX]

Tags :

#
f1,
#
formula 1,
#
charles leclerc,
#
ferrari