MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Aston Martin Mengajukan Banding Setelah Finish Kedua dan Didiskualifikasi dari Grand Prix F1 Hungaria

AUG 02, 2021@15:00 WIB | 124 Views

Aston Martin telah mengumumkan niat untuk mengajukan banding atas diskualifikasi Sebastian Vettel dari Grand Prix F1 Hungaria.

Vettel digugurkan dari status finish kedua dalam balapan pada hari Minggu (1/8/2021) setelah FIA hanya bisa mengeluarkan 0,3 liter bahan bakar dari mobil Aston Martin.

Peraturan teknis F1 menyatakan bahwa semua mobil di grid harus memastikan bahwa 1,0 liter bahan bakar ditinggalkan di tangki untuk sampel pasca-balapan. Aston Martin berpendapat bahwa 1,74 liter bahan bakar seharusnya ada di dalam mobil setelah balapan, yang berarti masih ada 1,44 liter di tangki setelah sampel 0,3 liter dari hasil pemeriksaan FIA.

Dengan begitu, pihak Aston Martin punya alasan kuat bahwa Sebastian Vettel seharusnya tidak didiskualifikasi dan memastikan akan mengajukan banding atas keputusan FIA.

"Perwakilan Departemen Teknis FIA diminta oleh steward untuk menyegel dan menyita mobil sampai pemberitahuan banding diterima atau Pengadilan Banding Internasional FIA membuat keputusan yang relevan," steward menegaskan.

“Dalam membuat keputusan ini, Aston Martin menyatakan bahwa pemindahan berbagai komponen untuk mengangkut mobil dengan aman ke fasilitas FIA sama sekali tidak mengurangi bukti dan tidak berdampak pada masalah yang diajukan.”

Sebuah pernyataan tim Aston Martin di media sosial mengatakan: “Kehilangan 18 poin memang mengecewakan bagi tim, tetapi itu tidak menghilangkan upaya sempurna dari Sebastian.

"Hari ini kami menunjukkan bahwa mobil kami memiliki kecepatan balap yang kuat, berkembang dan melesat." Hasil itu menguntungkan Lewis Hamilton yang naik ke posisi dua di belakang pemenang balapan Esteban Ocon, dan berarti juara dunia tujuh kali itu memperpanjang keunggulan poin atas Max Verstappen.

Sementara itu, driver Ferrari Carlos Sainz finish ketiga yang menjadi podium keempat sepanjang karirnya. Sebagai informasi tambahan, balapan sempat ditangguhkan menyusul crash yang melibatkan banyak mobil di awal.

Lewis Hamilton mempertahankan keunggulan di awal, namun rekan setimnya Valtteri Bottas melakukan kesalahan dalam pengereman di Turn 1 sehingga tertabrak Lando Norris (McLaren).

Hal itu pun berdampak pada Max Verstappen meskipun masih bisa melanjutkan balapan dengan kondisi mobil rusak. Sergio Perez (Red Bull) juga terjebak dalam insiden tersebut dan terpaksa mundur dari balapan, bersama dengan Valtteri Bottas (Mercedes), Lando Norris (McLaren), Charles Leclerc (Ferrari) dan Lance Stroll (Aston Martin).[dhe/shf/timBX]

Tags :

#
f1,
#
formula 1,
#
aston martin,
#
didiskualifikasi dari grand prix f1 hungaria,
#
grand prix f1 hungaria